Makassar, Sonora.ID - Telkomsel Area Papua Maluku Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) mencatat pertumbuhan layanan data atau payload saat momen natal 2020 dan Tahun baru 2021 (NARU) sebesar 7,63 petabyte, atau tumbuh 12.86 persen dari hari biasanya. Bahkan pada Nataru kali ini, payload area Pamasuka mencapai 34,98% dibandingkan tahun lalu.
Hal itu disampaikan A Moelky Furqan selaku Vice President Network Operation & Quality Management Telkomsel Pamasuka dalam keterangan persnya. "1 Januari 2021 menjadi puncak peningkatan trafik layanan data pada periode NARU 2020/2021," ujar Moelky, Senin (4/1/21)
Moelky merinci, peningkatan signifikan sepanjang momen NARU 2020/2021 terjadi pada akses Communication sebesar 37.6 persen, Video 17.4 persen, SocialNet 14 persen, File Sharing 303.07 persen serta Application Store 303.09 persen.
Baca Juga: Kasus Covid-19 Melejit, Pj Wali Kota Makassar: Itu di Luar Prediksi
Sementara secara nasional, payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekira 36,61 petabyte. Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, lonjakan trafik tersebut didorong oleh peningkatan akses layanan digital dari hari biasa. Diantaranya, melalui akses browsing, streaming video, media sosial, serta layanan aplikasi dan situs media daring.
"Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data dengan kenaikan payload sebesar 7,77 persen. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98 persen," jelas Setyanto.
Baca Juga: Perkuat Ekosistem Digital, Telkomsel Suntik Rp 2,1 Triliun untuk Gojek
Setyanto menilai, pencapaian tersebut juga dikarenakan perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas kesehariannya. Hal ini terlihat dari penggunaan platform digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik layanan data secara umum.
"Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data selama momen NARU 2020/2021," pungkasnya.