Sonora.ID - Di tengah pandemi seperti saat ini, banyak orang yang mengalami putus hubungan kerja (PHK) karena perusahaannya sedang tidak bisa beroperasi dengan normal.
Namun, di sisi lain, tak sedikit juga masyarakat yang masih mendapatkan gaji normal dengan pekerjaan yang masih bisa dilakukan dari rumah.
Sayangnya, orang yang masih memiliki kesempatan bekerja dari rumah tersebut justru banyak yang tidak memiliki motivasi kerja yang tinggi.
Baca Juga: Profesor: Kerja Excellent Berbeda dengan Kerja Perfect, Mana yang Lebih Baik?
Berikut ini adalah 3 ciri karyawan yang memiliki motivasi kerja yang baik, sehingga cenderung dipertahankan oleh perusahaan.
Aktif sampaikan ide
Karyawan yang memiliki motivasi kerja cenderung akan lebih peka dengan adanya masalah atau hambatan bekerja di dalam timnya.
Dengan demikian, ia juga peka menemukan ide untuk memecahkan hambatan tersebut, ia pun akan menyampaikannya pada atasannya untuk didiskusikan lebih lanjut.
Baca Juga: Ingin Dilirik HRD? Ini 6 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Membuat CV
Hal ini berhubungan dengan motivasi kerja yang tinggi, karena dirinya ingin rekannya juga memiliki motivasi yang sama dan nyaman dalam bekerja.
Membuka diri untuk ditugaskan
Memiliki tanggung jawab yang tinggi serta memiliki keinginan untuk selalu belajar hal baru bahkan tak takut untuk mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar.
Tiga hal ini mencirikan karyawan yang membuka diri untuk ditugaskan dalam pekerjaan yang mungkin di luar pekerjaan utamanya.
Baca Juga: WFH Bikin Malas Kerja? Jauhi 3 Kebiasaan Ini yang Bikin Kerjaan Terabaikan
Dengan demikian, dirinya terlihat memiliki motivasi kerja untuk selalu berkembang dan menambah skill di bidang baru.
Inisiatif
Menjadi kunci karyawan dengan motivasi kerja yang baik, karyawan tersebut cenderung memiliki pemikiran yang lebih jauh daripada rekan lainnya.
Ia cenderung memikirkan hal yang tidak dipikirkan sebelumnya, kreatif, dan inovatif, sehingga atasan pun merasa terbantu dengan kehadirannya.
Motivasi kerja yang baik dan tinggi akan memunculkan hal ini dengan otomatis.
Baca Juga: Terungkap! Ini 5 Alasan Sepele Anda Tak Kunjung Terima Panggilan Kerja