Sonora.ID - Bekerja dari rumah atau work from home menjadi kebiasaan baru yang diterapkan di berbagai perusahaan dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.
Ada sisi baik dari WFH, tetapi sisi negatifnya pun ada, salah satu di antaranya adalah sulitnya menjaga fokus dalam bekerja saat WFH.
Pekerja pun harus memiliki disiplin diri yang tinggi, untuk menentukan waktu bekerja dan waktu beristirahat, agar fokus tersebut tetap terjaga dan target pekerjaan terselesaikan.
Baca Juga: Hing: Waktu Istirahat Justru Timbulkan Pikiran Negatif? Lakukan Hal Ini
Dalam program Smart Career milik Radio Smart FM, Motivator Vivid Argarini menyarankan durasi yang tepat untuk break atau beristirahat saat bekerja.
“Manajemen waktu itu tidak mudah tapi tetap bisa dilakukan. Tekad bahwa sebaiknya fokus, memberikan pusat perhatian pada hal-hal yang memang harus dituntaskan. Break bisa dilakukan 15 menit sampai 30 menit,” jelasnya.
Durasi break atau istirahat tersebut bisa disesuaikan dengan pribadi dan komitmen masing-masing, asalkan pekerjaan tetap bisa diselesaikan dengan baik dan fokus.
Baca Juga: Berikut Ini 5 Cara Agar Tetap Fokus Ketika Bekerja Dari Rumah!
“Itu tergantung dari kenyamanan kita masing-masing. Kalau saya setengah jam. Dua jam terus-terusan dan tidak bisa diganggu, kemudian setengah jam saya istirahat,” sambungnya menjelaskan.
Vivid juga menyebutkan bahwa break ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk melakukan hobi, menelepon teman atau saudara, atau melakukan hal-hal yang menyenangkan.
Dengan melakukan break dengan hal yang menyenangkan, stres pada saat bekerja pun bisa hilang, sehingga ketika kembali bekerja bisa kembali fokus.
Baca Juga: Pentingnya Menjaga Fokus saat Bekerja, Motivator Vivid Argarini: Perlu Pengorbanan
“Stres bisa release. Intinya adalah kita bisa mengendurkan urat, otot, dan syaraf yang kencang selama fokus bekerja,” ungkap Vivid.
Jadi, komitmen dan disiplin harus dilakukan bukan hanya pada waktu bekerja tetapi juga terhadap waktu istirahat atau break.
Tidak memberikan break atau istirahat justru akan membuat fokus berkurang dan hasil dari pekerjaan pun berpotensi tidak maksimal.
Baca Juga: 4 Langkah Mencapai Fokus Saat Bekerja ala Motivator Vivid Argarini