Duo Indofood Rilis Laporan Keuangan, Bagaimana Hasilnya?

25 Maret 2021 09:30 WIB
Pergerakan saham Indofood.
Pergerakan saham Indofood. ( Emtrade)

Sonora.ID - Dua saham konsumer besar, INDF dan ICBP mengalami penguatan harga dan bisa keluar dari downtrendnya sejak Desember. ICBP bahkan dibuka dengan gap up dan ditutup dengan penguatan 4.25% pada perdagangan kemarin (24/3).

Setali tiga uang, induknya INDF juga ditutup menguat 5.12%. Penguatan harga INDF dan ICBP karena rilis laporan keuangan FY20 yang baik karena profitabilitasnya mengalami pertumbuhan yang cukup memuaskan.

Pergerakan saham Indofood.

Kinerja Top Line dan Bottom Line 2020

ICBP meraup pendapatan Rp 46.6 triliun, naik 10.3%YoY, 17.5%QoQ. Kinerja Bottom line ICBP juga mengalami pertumbuhan 31% YoY, 348% QoQ menjadi Rp 6.59 triliun (117% cons). Penjualan segmen mi instan menjadi pendorong pendapatan ICBP dengan kontribusi 67% terhadap total pendapatan dan naik 15% YoY. Segmen penyedap makanan menjadi segmen dengan pertumbuhan tertinggi sebesar 26% YoY.

Baca Juga: Efisiensi Biaya, SMGR Bukukan Kenaikan Laba Kuartalan

Pendapatan INDF Rp 81.7 triliun, naik 6.7%YoY, 18%QoQ. Laba bersih INDF sebesar Rp 6.46 triliun, naik 32% YoY, 198% QoQ (120% Cons). Produk konsumen menjadi pendorong pendapatan INDF dengan konstribusi 55% dari total pendapatan. Segmen ini naik 10% YoY.

Kinerja 2021 Berpotensi Bertumbuh

Ekonomi Pulih dan Pangsa Pasar Meluas
Pemulihan ekonomi dapat menjadi pendorong konsumsi masyarakat. Hal ini menjadi katalis positif bagi perusahaan Indofood dengan bisnis makanan dan minuman. Daya beli yang meningkat, diharapkan mampu meningkatkan sales volume dan mempertahankan pertumbuhan revenue ICBP dan INDF.

Selain itu, akuisisi pinehill juga memberikan dampak positif untuk perluasan pasar Indofood di luar negeri. Dampak positif ini bisa dirasakan sepenuhnya oleh Indofood di tahun 2021.

Pinehill, saat ini tercatat memiliki pangsa pasar yang kuat di 8 negara di kawasan Afrika, Timur Tengah dan Eropa Tenggara dan memiliki sebanyak 12 fasilitas produksi mi instan di 8 negara dengan total populasi 550 juta penduduk dan memiliki jaringan distribusi di 33 negara dengan kapasitas produksi 10 miliar bungkus mie instan.

Brand Kuat
Brand mi instan yang masih kuat walaupun mulai banyak produk-produk baru. Inovasi produk mi instan dan branding yang menyasar segmen anak muda dilakukan ICBP. Hal ini merupakan strategi yang dapat mendorong penjualan mi instant mengingat 50% lebih penduduk Indonesia adalah anak muda.

Menurut survey Top Brand, merek mi instan Indofood juga berada di peringkat pertama dengan 72%. Hal ini berarti Brand Indofood memang sangat kuat dan menjadi modal penting untuk pertumbuhan.

Pengaruh Komoditas
Trend harga CPO menguat menjadi hal positif bagi Indofood karena memiliki bisnis CPO. Hal ini dapat mendorong pendapatan dari segmen CPO. Segmen CPO pada tahun 2020 berkontribusi terhadap 26% dari tital pendapatan INDF dan tumbuh 3% YoY. Di sisi lain kenaikan harga CPO dapat menjadi downside risk karena ada harga bahan baku juga berpotensi meningkat.

Baca Juga: Ekonomi Mulai Pulih, Penjualan Alat Berat United Tractor Turut Meningkat

Harga gandum saat ini sudah mulai koreksi setelah pengauatn sejak September 2020 menjadi katalis positif bagi Indofood. Koreksinya harga gandum bisa menjaga margin produk bogasari dan makanan.

Rekomendasi
Kami merekomendasikan Buy untuk ICBP dan INDF untukl investasi jangka panjang. Valuasi ICBP dan INDF saat ini relatif murah dengan PE ICBP 16.24x (avg 5 tahun: 26.16x) dan INDF 9.04x (avg 5 tahun 15.23x) melihat hasil kinerja di tahun 2020 yang baik. Selain itu potensi pemulihan di tahun 2021 juga menjadi pendorong ditambah perluasan pangsa pasar di luar Indonesia.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm