Sonora.ID - Di tempat kerja, rapat yang lama bisa membuat seorang introvert merasa terkuras energi mental. Mereka tidak tahan berlama-lama diskusi dalam pembicaraan yang terasa dipaksakan.
Ketika berbicara tentang tipe kepribadian, tidak ada hitam dan putih. Kita semua menunjukkan berbagai sifat dan perilaku tergantung pada lingkungan, suasana hati kita, dan faktor lainnya.
Namun, kebanyakan dari kita cenderung condong ke introversi atau ekstroversi , yang ditentukan oleh bagaimana kita mendapatkan energi dan ke mana kita mengarahkan perhatian kita.
Baca Juga: Bikin Hati Tenang, Ini 7 Destinasi Wisata Cocok Buat Para Introvert!
Sayangnya, banyak tempat kerja gagal mengenali dan menghargai karakteristik tersebut. Sebaliknya, seringkali karyawan yang paling suka berteman dan karismatik yang dipromosikan ke posisi kepemimpinan.
Faktanya, meskipun introvert berjumlah sekitar setengah dari populasi umum, mereka hanya menempati dua persen dari eksekutif senior.
1. Pilih peran yang tepat
Dalam hal ini, tidak ada industri atau pekerjaan khusus yang paling cocok untuk introvert. Beberapa mungkin menikmati industri analitik seperti akuntansi, sementara yang lain mungkin unggul dalam bidang kreatif seperti menulis.
Lebih penting lagi untuk memastikan peran spesifik Anda di tempat kerja memanfaatkan keterampilan terbaik Anda.
2. Gunakan kekuatan dalam rapat
Banyak introvert lebih nyaman berkomunikasi secara tertulis daripada secara verbal. Menulis email memberi Anda waktu untuk memikirkan apa yang ingin Anda katakan dan menyampaikan semua poin Anda secara mendetail.
3. Jadwalkan waktu menyendiri ke dalam kalender
Bahkan jika Anda memiliki ruang kerja khusus, menghilangkan gangguan di tempat kerja bisa menjadi sebuah perjuangan, terutama dengan semakin populernya kantor terbuka.
Baca Juga: Deretan Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Minim Interaksi Gaji Tinggi
Dengan orang-orang yang mampir ke meja Anda untuk mengobrol, mengirimi Anda pertanyaan tentang Slack, dan menjadwalkan rapat ad hoc, mungkin sulit untuk menyelesaikan pekerjaan yang sebenarnya - atau mengisi ulang dengan waktu sendirian.
4. Berusahalah untuk mengenal rekan kerja Anda
Mengembangkan hubungan yang kuat dengan rekan kerja Anda itu penting. Anda akan memiliki sekutu yang bersedia mendengarkan Anda, memperjuangkan ide-ide Anda dan mendukung Anda dalam rapat.
Sayangnya, introvert cenderung mendapatkan rap yang buruk sebagai tidak ramah karena mereka bukan penggemar obrolan ringan dan lebih suka bekerja secara mandiri.
Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin menggelengkan kepala karena ketidaksetujuan - Anda suka menghabiskan waktu dengan orang lain, hanya dengan cara Anda sendiri. Dan itu tidak berarti Anda tidak ramah.
5. Keluar dari zona nyaman Anda
Introvert cenderung menghindari menjadi pusat perhatian, jadi kemungkinan naluri Anda adalah menghindari berbicara di depan umum dan situasi tidak nyaman serupa. Tapi itu hanya merugikan Anda.