Bali, Sonora.ID - Pada Periode April 2021, Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali mencatat sebanyak 306.957 penumpang dengan capaian kenaikan 16 persen dibandingkan periode sebelumnya Maret 2021, sedangkan catatan harian tertinggi 14.293 penumpang pada tanggal 1 April 2021 menjelang momen libur Hari Raya Jumat Agung.
Berdasarkan data tersebut selain penumpang yang mengalami pertumbuhan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, pergerakan pesawat udara juga ikut mengalami pertumbuhan positif dibandingkan pada Periode Maret 2021 naik hingga 13 persen.
General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali Herry A.Y. Sikado mengatakan bahwa dimasa pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), pihaknya senantiasa memberikan layanan yang mengutamakan protokol kesehatan.
Baca Juga: Bandara International Ngurah Rai Bali Lakukan Pengetatan Bagi Kedatangan Penumpang dari India
"Tercatat Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali selama periode April 2021 sebanyak 306.957 penumpang atau naik 16 persen dibandingkan periode Maret 2021 dan 3.057 pergerakan pesawat udara atau terdapat kenaikan 13 persen dari bulan sebelumnya,” ungkap Herry.
“Kemudian, data harian selama 30 hari penumpang terbanyak jatuh pada tanggal 1 April 2021 dengan melayani 14.293 penumpang dan pesawat udara yang mengangkut sebanyak 123 pergerakan, hal ini bertepatan pada momen libur Hari Raya Jumat Agung," terangnya.
Lebih lanjut, Herry menjelaskan bahwa adapun tiga rute terbanyak yang dilayani Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali selama periode April 2021 yakni tujuan Jakarta, Surabaya dan Makassar serta tiga maskapai yang mengangkut penumpang terbanyak yaitu Citilink 83.269 penumpang, Batik Air 59.876 penumpang dan 58.620 penumpang Lion Air.
Baca Juga: 130 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Tiba di Bali, Prioritaskan Kota Denpasar untuk Sasaran Tahap Kedua
Selain itu, disampaikan juga bahwa secara total statistik hingga April 2021 Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali telah melayani 939.432 penumpang, dengan rincian penumpang yang berangkat sebanyak 493.172 dan kedatangan sebanyak 446.260.
“Kami memastikan dengan adanya kenaikan lalu lintas angkutan udara dimasa pandemi Covid-19, kami tetap fokus terhadap penerapan protokol kesehatan baik untuk pengguna jasa maupun petugas di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali," tambah Herry.
Diungkapkan, dalam rangka peningkatan layanan di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali dan untuk meminimalisir potensi penyebaran Covid-19, yang pertanggal 19 April 2021 telah diterapkan pembayaran non tunai agar dapat mengurangi interaksi antara petugas bandara saat melakukan pembayaran di toll gate parkir.
Herry juga menegaskan bahwa Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali untuk mendukung upaya pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 pasca peniadaan mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021 telah menyiapkan posko terpadu monitoring pembatasan penerbangan pada tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang, sesuai dengan Surat Edaran Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021.
Untuk itu, pihaknya berharap dengan penerapan pembatasan Covid-19 di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali dapat berjalan dengan lancar serta memberikan dampak yang baik dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.
Baca Juga: Bandara International Ngurah Rai Bali Lakukan Pengetatan Bagi Kedatangan Penumpang dari India