Kolaborasi McD dengan BTS, Siapa yang Paling Diuntungkan?

10 Juni 2021 19:35 WIB
BTS kolaborasi dengan McDonald's Indonesia.
BTS kolaborasi dengan McDonald's Indonesia. ( )

Sonora.ID - Boy grup asal Korea Selatan, Bangtan Boys atau yang sering disebut BTS memiliki kekuatan tersendiri dalam menarik fans mereka, Army.

Army, yang merupakan sebutan untuk fans BTS diketahui mempunyai antusias tinggi dalam hal yang menyangkut idola mereka. Bahkan, Army rela mengoleksi barang-barang apa saja yang menyangkut BTS.

Terbaru, BTS menjalankan kolaborasinya bersama McDonald's Indonesia dalam perilisan menu BTS Meal pada Rabu (9/6/2021) kemarin.

Baca Juga: Akibat Antrean BTS Meal Kaca Pintu McD di Malang Menjadi Retak

Menu BTS Meal terdiri dari Mc Chicken Nugget, French Fires, Coca-Cola, serta dilengkapi dua macam saus khusus, yaitu saus cajun dan sweet chilli.

Mungkin menunya biasa saja, tetapi para Army rela menunggu berjam-jam demi BTS Meal. Bahkan, beberapa gerai McD di berbagai kota terpaksa ditutup oleh satpol PP karena memicu kerumunan antrian.

Selain menu, yang paling menjadi daya tarik adalah kemasan khusus berwarna ungu yang dilengkapi dengan logo McDonald's serta BTS.

Menanggapi kasus tersebut, Branding Expert Subiyanto Priyo mengatakan bahwa kekuatan fans bisa menjadi strategi marketing sehingga menunjang penjualan.

"Karena BTS dan McD sudah berkolaborasi, produk tersebut bisa jadi milik mereka berdua. Kemudian fans itu bisa memberikan kabar tentang produk tersebut kepada customer yang lain. Dari customer ke customer kemudian menjadi viral," kata pria yang akrab disapa Pak Bi itu.

Dia menilai dalam kasus yang viral ini terdapat sebuah hubungan marketing yang tidak bisa berjalan tanpa satu sama lain.

"Ini kegiatan marketing yang tidak akan berjalan tanpa dukungan pihak lainnya. Ini adalah fenomena marketing 4.0," kata dia.

Baca Juga: BTS Tampil Seksi nan Kocak di MV 'Butter' Versi Hotter Remix

"Kalau tadinya sebuah perusahaan melakukan marketing dengan inovasi produknya, maka di era sekarang inovasi dilakukan pada konsumennya," jelas Pak Bi yang juga mempunyai pengalaman delapan tahun di McDonald's.

 

PenulisKumairoh
EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm