Sonora.ID - Time management adalah skill untuk mengatur waktu. Orang yang memiliki time management yang baik biasanya adalah orang-orang yang hebat. Karena dengan time management yang bagus, hidup kita akan tertata.
Tapi pernah ngga sih kalian merasa time management kalian hanya stuck di tingkatan itu saja tanpa dapat berkembang? Dilansir dari recuiter.com, berikut 7 cara agar daapt meningkatkan time management mu.
1. Buat Jadwal dan Jangan Dilanggar
Mulailah meningkatkan keterampilan manajemen waktumu dengan mengatur hari dan minggu sebelumnya. Akan selalu ada kejutan, tetapi kemungkinanmu memiliki gagasan tentang jenis tugas dan tanggung jawab yang harus kamu tangani setiap hari.
Baca Juga: Kenali 3P, Career Connector: Selaraskan agar Bisa Tetap Produktif
Jika kamu merasa sedikit tersesat, habiskan satu atau dua minggu untuk melacak setiap hal yang kamu lakukan setiap hari. Ini akan membantumu mengidentifikasi pola dan tugas berulang, yang kemudian dapat kamu masukkan ke dalam jadwal.
2. Prioritaskan
Pelajaran kedua dalam manajemen waktu adalah belajar bagaimana memprioritaskan. Untuk menjalankan proyek secara efisien, Kamu perlu memutuskan tahapan atau komponen proyek mana yang paling penting bagi bisnismu dan dampak dari setiap tahapan/komponen dalam jangka pendek, menengah, dan panjang.
Dengan kata lain, kamu harus mencari tahu tugas atau aktivitas mana yang akan memberikan hasil terbaik. Dengan begitu, kamu dapat memprioritaskan ini di atas tugas-tugas yang kurang penting.
3. Tetapkan Beberapa Batas
Jika kamu ingin tim dan keluarga membiarkanmu bekerja dengan tenang, Kamu perlu memberi tahu mereka saat kamu tidak ada. Orang tidak dapat membaca pikiranmu, jadi bebas untuk menetapkan batasan bila perlu. Kamu tidak ingin terdengar kasar, jadi pastikan untuk mengomunikasikan batasanmu dengan cara yang sopan, tetapi langsung.
Waktu untuk membuat ini berhasil, kamu harus menjelaskan beberapa hal kepada semua orang:
Jam berapa dalam sehari kamu tidak ingin diganggu sama sekali, kecuali dalam keadaan darurat.
Apa yang dianggap sebagai “darurat”.
Saat kamu bebas menerima panggilan telepon cepat atau menjawab permintaan sederhana.
Bagaimana tim kamu harus melanjutkan untuk menjadwalkan pertemuan berdurasi panjang untuk masalah yang lebih kompleks.
Baca Juga: Berdamai dengan Diri Sendiri, Jelita Ramlan: Emang Gendut Kenapa?
4. Perhitungkan Gangguan yang Baik
Tidak peduli seberapa keras mencoba, kamu akan terganggu di sana-sini. Itu fakta kehidupan. Selain itu, tidak ada yang bisa bekerja berjam-jam. Kita semua membutuhkan istirahat untuk membantu kita tetap produktif. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menerima bahwa gangguan akan terjadi dan mencoba memasukkannya ke dalam jadwalmu.
Blokir beberapa waktu luang dalam jadwalmu setiap hari. Ini mungkin berarti menyisihkan beberapa menit di sini atau di sana untuk minum kopi, berjalan-jalan di koridor, atau jalan-jalan keluar untuk mencari udara segar. Istirahat ini sangat penting jika kamu bekerja di meja sepanjang hari.
Kamu juga dapat menggunakan waktu istirahat untuk mencoba beberapa teknik manajemen stres, seperti latihan pernapasan, meditasi, atau yoga.
5. Jauhi Gangguan Buruk
Jika ada sisi baik dari gangguan, ada juga sisi buruknya. Jika gangguan menghabiskan terlalu banyak waktu, kamu akan menemukan ketertinggalan diri dalam pekerjaan. Jadi, kenali gangguan mana yang cenderung menghabiskan terlalu banyak waktu mu dan kemudian lakukan segala upaya untuk menghindari gangguan ini.
Misalnya, kamu mungkin ingin menjauh dari media sosial selama hari kerja. Mungkin juga ingin menutup jendela email sampai bersiap untuk memilah-milah kotak masuk.
Membiarkan tab terbuka di latar belakang dapat menjadi gangguan besar – setiap email baru yang masuk akan membuatmu ingin menyimpang dari tugas yang ada. Hal yang sama berlaku untuk notifikasi aplikasi.
Baca Juga: Kasusnya Semakin Marak, Berikut Tips Agar Terhindar dari Pinjol Ilegal
6. Dapatkan Bantuan Teknis
Lihat, ada banyak aplikasi manajemen waktu yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Ini dapat membantumu meningkatkan produktivitas dan memastikan bahwa kamu melakukan apa yang harus dilakukan.
Saat ini, ada aplikasi manajemen waktu untuk semua orang. Jika kamu tipe yang konvensional, kamu pasti dapat menemukan sesuatu yang lain yang sesuai dengan kebutuhan. Lakukan sedikit penggalian.
7. Jangan Pernah Menunda
Jika bisa dilakukan hari ini, lakukan hari ini. Aturan emas ini harus menjadi moto jika ingin memanfaatkan waktu sebaik mungkin.
Ambil langkah lebih jauh: Jika sesuatu dalam jadwal berubah, dan mendapati dirimu memiliki waktu ekstra sebelum hari berakhir, mulailah tugas hari berikutnya tanpa berpikir dua kali.
Jauh lebih baik untuk menyelesaikan minggumu lebih awal pada hari Jumat daripada terjebak mengerjakan proyek dimenit terakhir dateline.
Manajemen waktu membutuhkan disiplin, perencanaan, sikap yang kuat, dan bantuan beberapa alat teknologi yang baik. Tetapi jika telah melakukannya dengan benar, itu pasti akan membuahkan hasil dalam hal produktivitas yang lebih tinggi dan tingkat stres yang lebih rendah.