Sonora.ID - Memiliki lingkungan pekerjaan yang bersahabat tetapi juga tetap berkompetisi dengan sehat adalah lingkungan yang tidak hanya nyaman tetapi juga bisa membangun diri menjadi pekerja yang jauh lebih baik.
Namun, sayangnya yang terjadi di berbagai lingkungan pekerjaan adalah adanya kompetisi yang justru saling ‘menyenggol’ antara karyawan yang satu dengan lainnya.
Hal ini memunculkan adanya gosip-gosip yang tidak sehat.
Dalam program Smart NLP di Radio Smart FM, Licensed Master Trainer of NLP, Hingdranata Nikolay menyatakan lebih baik melakukan 3 hal ini, daripada ngomongin rekan kerja Anda.
Baca Juga: Bukan Julid Bukan Nyinyir, Hingdranata: Boleh Kok Ngomongin Orang, tapi…
Baca buku
“Perluas map. Pelajari hal-hal baru, pelajari hal-hal yang selama ini kita malam pelajari, baca buku,” ungkap Hingdranata.
Mengapa hal ini menjadi penting? Karena seorang karyawan tidak akan mudah ‘tergeser’ ketika dirinya memiliki ilmu yang banyak dan memiliki map yang luas dalam pengetahuannya.
Jadi daripada ngomongin rekan kerja, lebih baik perlengkapi diri Anda dengan pengetahuan yang luas.
Baca Juga: Stop Ngomongin di Belakang, Ini 3 Kunci Sampaikan Kritik pada Teman
Mengikuti kursus
“Cari kursus bila perlu, cari kursus saja. Nambah ilmu, nambah setifikasi pun boleh,” sambungnya menegaskan.
Ketika ada rekan kerja yang membuat Anda takut tergeser, Hing menegaskan bahwa rasa takut itu sebaiknya menjadi pengingat bahwa Anda harus berkembang dan menambah value diri Anda.
Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kursus atau kelas-kelas atau menambah sertifikasi yang bisa memperkaya diri Anda.
Baca Juga: Sering Digosipin? Ini 3 Tips Jaga Pikiran Tetap Positif ala Pelatih NLP
Cari tips
“Ikuti video di YouTube, cari tips,” tambah Hingdranata.
Masih dengan tujuan yang sama, cara ini bisa membuat Anda lebih secure dan percaya diri dengan diri Anda, dan tidak lagi membicarakan bahkan menggosipkan rekan kerja Anda karena takut ‘tergeser’.
Anda bisa mencari dan mencoba tips-tips dari berbagai hal untuk menyibukkan diri Anda dan membuat pengetahuan Anda bertambah.
Baca Juga: Stop Ngomongin di Belakang, Ini 3 Kunci Sampaikan Kritik pada Teman