Sonora.ID - Dalam dunia pekerjaan, pastinya ada rintangan dan masalah yang sering kali dihadapi pada saat mengambil suatu langkah atau proyek tertentu.
Seperti yang banyak orang katakan bahwa di dalam kesempatan pasti ada tantangan yang harus dihadapi, sebaliknya di dalam tantangan pun pasti ada kesempatan untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik.
Dalam program Smart NLP di Radio Smart FM, Licensed Master Trainer of NLP, Hingdranata Nikolay menegaskan bahwa salah satu cara paling efektif untuk bisa melalui tantangan dengan percaya diri adalah dengan melakukan hal yang produktif.
Baca Juga: 9 Artis Hollywood Ini Pernah Dipecat dan Digantikan Langsung Saat Syuting
Mengapa hal ini menjadi penting? Pasalnya tak sedikit karyawan yang dalam menghadapi rintangan justru duduk diam dan memikirkan berbagai kemungkinan, kemudian menunda untuk melakukan sesuatu karena takut.
“Kalau saya merasa saya serba takut, ada cemas, ada ragu, ada rasa tidak enak sana-sini. Salah satu cara yang mengobati adalah doing something yang produktif yang membuat kita feel good,” ungkap Hing menegaskan.
Banyak karyawan yang menunggu ‘waktu yang tepat’ atau menunggu dirinya dalam mood yang baik untuk melakukan produktivitas tersebut.
Baca Juga: Sempat Trauma Dipecat, Oncy: Aku Diyakinkan dengan Anak-anak 'Ungu'
Padahal, Hing menegaskan bahwa seharusnya ketika karyawan melakukan hal yang produktif maka secara otomatis mood atau suasana hati menjadi lebih baik.
“Dengan produktif, feel kita malah good. Kalau saya sedang merasa mood tidak enak, obatnya adlaah doing something yang make us feel good. Dengan melakukan aktivitas yang memang menghasilkan sesuatu,” tegasnya.
Pihaknya mengimbau untuk jangan sampai perasaan takut menghadapi rintangan dan tantangan tersebut menjadi penghambat untuk melakukan sesuatu dan hanya bisa duduk diam.
“Perasaan itu malah mensabotase produktivitas saya sekarang yang justru akan mempercepat saya dipecat. Saya takut dipecat, saya enggak berbuat apa-apa, malah dipecatnya lebih cepat,” sambung Hingdranata.
Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa karyawan yang terlalu takut untuk melangkah dan mengambil keputusan, kemudian rasa takut itu menurunkan produktivitasnya, justru akan lebih cepat dipecat.
Baca Juga: Gagal Raih WTP, 2 Kepala SKPD Pemkot Makassar Terancam Dipecat