Sonora.ID - Meski di tengah pandemi yang membawa dampak buruk bagi perekonomian negara dan daya beli masyarakat, tetapi ada pihak-pihak yang justru bisa menyukseskan bisnisnya di tengah kondisi seperti saat ini.
Ada banyak tren makanan yang muncul pada masa-masa pandemi, seperti yang paling baru adalah maraknya croffle yang membuat masyarakat Indonesia ingin merasakan makanan tersebut.
Banyak pihak atau pebisnis yang kemudian kagum dan heran akan bisnis-bisnis yang bisa menjadi viral dan sangat laku padahal dalam situasi yang tidak menyenagkan seperti saat ini.
Baca Juga: Viral TikTok, Ini Lirik Lagu 'It's Only Me' - Vertical Horizon
Dalam program Smart NLP di Radio Smart FM, Licensed Master Trainer of NLP, Hingdranata Nikolay membagikan rahasia di balik bisnis-bisnis yang berhasil viral tersebut.
“Tanyain yang punya bisnis-bisnis viral itu. Ide yang brilliant produknya, yang viral, yang terkenal, yang kita tidak pernah tahu, hard disknya penuh dengan coret-coretan. Lacinya itu isinya sobekan kertas ide yang tidak jadi,” ungkap Hing menegaskan.
Jadi, mereka yang berhasil membuat ide bisnis yang viral bukanlah tanpa proses, mereka pasti sudah memasak ide-ide tersebut hingga akhirnya bisa keluar sebagai ide yang cemerlang dan laku di pasaran.
Baca Juga: 3 Tips Bisnis Jadi Viral di Media Sosial, Cukup Modal Jempol
Maka, Hing menegaskan bahwa ide kreatif tidak akan langsung matang dan lancar tanpa hambatan, tetapi ide tersebut akan menjadi sempurna seiring dengan berjalannya waktu.
“Itu yang tidak dilihat oleh umum dan hasil viralnya itu mengintimidasi orang-orang yang akan berkreasi di luar sana. Sebenarnya kita tidak bisa langsung seperti itu, enggak bisa,” sambungnya tegas.
Ide besar dalam membuat bisnis yang sukses tersebut biasanya timbul dari ide-ide kecil yang sudah melalui trial and error.
Baca Juga: 3 Tips Viralkan Bisnis Online Anda, Harus Gandeng Selebgram?
“Ide kecil-kecil itu kita build, ada yang produksi itu eror, produksi itu tidak viral. Kadang kita bikin 5, 6, 7, 10, 20 produksi baru 1 tiba-tiba mencuat. Bagi orang umum yang tidak mengerti, begitu ide 1 itu mencuat dia pikir itu ide satu-satunya dari pebisnis tersebut,” tegas Hingdranata memaparkan.
Masyarakat kerap kali tidak tahu bahwa bisnis yang viral memerlukan proses yang panjang dan mungkin hasil dari ide-ide gagal sebelumnya.
Maka jangan berharap 1 ide kreatif akan langsung bisa viral dan mencuat di permukaan, karena ide tersebut harus melalui berbagai proses.
Baca Juga: Viral Karena Kontroversi, Lea Pemeran ‘Zahra’: Oh Ternyata Gini Dunia Entertainment