Sonora.ID - Setiap pekerjaan memang harus memiliki keterampilan khusus. Tapi, kemampuan dasar juga penting. Terkadang, ada hal yang diluar materi kuliah itu sangat penting dan bisa jadi menjadi indikator penilaian saat melakukan wawancara pekerjaan.
Mungkin kamu tidak menyadari hal tersebut, kemampuan ini memberikan nilai tambah saat kamu mampu menjelaskannya dengan rinci, baik dan urut.
Berikut 3 keterampilan yang harus kamu miliki:
1. Kemampuan Komunikasi
Kemampuan komunikasi ini meliputi berbagai hal, seperti presentasi dan public speaking. Tidak peduli kamu dari jurusan apa. Komunikasi sangat penting untuk kehidupan sehari – hari, termasuk saat bekerja.
Usahakan kamu berlatih berbicara di depan umum dan mengeloh kalimat yang akan kamu ucapkan. Selain itu, belajarlah fokus saat berbicara. Tidak keluar dari apa yang dibicarakan hal yang penting.
Saat kamu melakukan wawancara dengan HRD dari perusahaan yang kamu tuju, kepercayaan diri saat menjawab pertanyaan juga akan dinilai.
Biasanya, keterampilan komunikasi ini sangat diperhintungan oleh perusahaann, karena berkaitan dengan cara kamu berinteraksi dengan lingkungan kerjamu yang baru.
2. Etos Kerja
Etos kerja hal yang sangat sepele dan tidak s emua orang memilikinya. Memiliki etos kerja yang kuat berarti kamu tergolong individu yang berdedikasi.
Tidak heran jika banyak perusahaan yang melirik para calon karyawaannya yang memiliki etos kerja. Selain melalui wawancara, hal tersebut dapat dilihat dari hasil psikotes.
Bukan sombong, jika kamu benar-benar memiliki pengalaman kerja yang luar biasa disaat kuliah, kamu perlu menceritakan saat wawancara atau menampilan pada resume yang akan kamu ajukan.
Jika dirasa tidak nyaman, kamu bisa meminta bantuan kepada senior kerjamu untuk memberikan catatan baik atau rekomendasi.
Baca Juga: Sering Dikritik Klien? Perhatikan Hal-Hal Berikut Sebelum Bikin Logo
3. Manajamen Waktu
Jadwal kegiatan yang sering berubah-ubah akan membuatmu pusing, jika tidak terbiasa menghadapinya.
Peran keterampilan dalam manajemen waktu sangat penting diterapkan. Mengelola waktu bukan kemampuan yang datang secara tiba-tiba, namun harus dibiasakan serta dilatih.
Tidak hanya memberi keuntungan kepada lingkungan kerjamu, namun itu akan penting untuk dirimu sendiri dalam menjalani aktivitas.
Dalam hal ini, kamu melibatkan kemampuan dalam perencanaan dan melatih keefetifan jadwal serta kegiatan.
Tidak peduli kamu dari universitas terkenal atau tidak, baik atau tidak. Ketiga kemampuan dasar tersebut dapat kamu latih setiap harinya tanpa mata pelajaran kuliah.
Baca Juga: Tenaga Kerja Melek Teknologi jadi Primadona Berbagai Industri