Sonora.ID – Sebagai pelaku bisnis, tentu Anda menyadari bahwa keberhasilan penjualan sangat bergantung pada strategi promosi.
Di tengah gencarnya penggunaan sarana digital seperti situs web, media sosial, atau platform pengirim pesan seperti WhatsApp, Telegram, LINE, dan sebagainya, teknik menulis promosi yang sering disebut sebagai copywriting nyatanya perlu dikuasai oleh setiap pelaku bisnis.
Terutama di tengah keadaan yang serba terbatas ini, promosi yang tidak dapat dilakukan secara tatap muka pun harus digantikan dengan bentuk-bentuk promosi lainnya, seperti melalui iklan di berbagai media ataupun platform yang telah disebutkan di atas.
Teknik copywriting nyatanya dapat dipelajari oleh siapa saja, tidak terbatas bagi para profesional yang telah bergelut di dunia periklanan dan pemasaran.
Dalam serial Inspiration of Smart Business episode ke-35, James Gwee selaku pelatih di bidang pemasaran dan penjualan pun membagikan tips-tipsnya.
Baca Juga: 3 Tips Viralkan Bisnis Online Anda, Harus Gandeng Selebgram?
Dasar Copywriting
Merangkai informasi atau pesan secara menarik (attractive) untuk dapat menggerakkan audiens menjadi misi utama dari seorang copywriter.
Sebuah copy yang efektif memiliki kekuatan untuk mencengkeram perhatian pembaca, membuatnya terus membaca seluruh informasi hingga akhir, serta mendorongnya untuk mengambil sebuah tindakan sesuai tujuan dari tulisan tersebut.
Setiap harinya, seseorang bisa menyaksikan puluhan hingga ribuan unggahan di linimasanya.
Apabila promosi yang Anda buat gagal menarik perhatian target audiens dari ramainya unggahan tersebut, maka kecil kemungkinan bagi promosi tersebut untuk berjalan secara efektif.
Baca Juga: Presentasi Bagus, tapi Angka Penjualan Tak Meningkat? Lakukan Cara Ini!