Sonora.ID -Di tengah masa Pandemi Covid 19 yang penuh dengan tanda tanya ini, semakin banyak masyarakat yang merasa membutuhkan perlindungan dari berbagai macam resiko.
Mulai dari segi finansial, kebutuhan dan juga kesehatan. Asuransi menjadi salah satu solusi penting yang bisa digunakan ketika terjadi sesuatu yang mendesak.
Sekarang ini, tingkat kesadaran masyarakat terhadap pentingnya asuransi kesehatan dinilai meningkat. Namun, tidak sedikit yang masih bingung serta khawatir saat hendak memilih asuransi mana yang tepat dan berguna apabila dibutuhkan.
Perasaan tersebut disebabkan oleh banyaknya kejadian dan kasus yang berkaitan dengan asuransi. Serta, masih sedikit informasi yang diketahui oleh publik mengenai tahapan sebelum memilih asuransi kesehatan.
Beberapa pengamat menilai bahwa, Asuransi Kesehatan dapat menjaga cash flow keluarga ketika ada salah satu dari mereka yang harus menjalani perawatan intensif.
Banyak perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai jenis produk asuransi kesehatan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Tentunya kita harus berhati hati dan cermat ketika memilih produk dan perusahaan mana yang cocok.
Sebelum memilih, mari simak 5 hal berikut ini:
Di Indonesia, terdapat berbagai perusahaan asuransi swasta yang menawarkan berbagai macam produk Asuransi. Mulai dari, produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi pendidikan, dll.
Pada tiap-tiap jenis asuransi tersebut menawarkan manfaat dan pertanggungan yang berbeda. Sebelum memilih, kita harus riset terlebih dahulu guna mencari tahu reputas perusahaan dan produk yang mereka tawarkan.
Jika sudah, bandingkan antara perusahaan A dan B, pilih mana yang lebih relevan dan meyakinkan.
Baca Juga: Asuransi Astra Gandeng Halodoc Luncurkan Layanan Garda Healthtech
Yang tidak boleh di lewatkan adalah mempelajari sistem pembayaran asuransi kesehatan. Jangan sampai kita kesulitan membayar tagihan setelah memilih produk yang mereka tawarkan. Terdapat tiga sistem pembayaran asuransi kesehatan.
Pertama, dengan sistem reimburse yakni kita harus membayar tagihan rumah sakit terlebih dahulu. Baru setelah itu, kita dapat mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk penggantian pembayaran.
Kedua, dengan sistem kartu yakni kita cukup menyerahkan kartu asuransi untuk pembayaran tagihan pengobatan. Ketiga, dengan sistem santunan yakni pihak asuransi akan memberikan uang tunai selama kita dirawat.
Sebaiknya kita memilih perusahaan asuransi yang telah menjalin kerjasama dengan banyak rumah sakit besar di daerah tempat tinggal kita, bila perlu seluruh Indonesia.
Sehingga kita merasa aman dan dapat menjamin keselamatan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.
Lebih baik memilih produk asuransi kesehatan yang berdiri sendiri atau murni dan bukan merupakan sejenis rider asuransi jiwa unit-link.
Hal ini dikarenakan membutuhkan dana yang terlalu mahal. Dalam unit-link, nantinya premi akan dibagi untuk asuransi jiwa dan investasi terlebih dahulu. Hal ini menyebabkan porsi untuk asuransi kesehatan menjadi lebih kecil.
Dalam asuransi murni, premi diperuntukkan semata-mata untuk pertanggungan biaya kesehatan, sehingga premi menjadi lebih murah dan otomatis nilainya menjadi lebih tinggi.
Baca Juga: Jasa Raharja Maksimalkan Digitalisasi Program Pelayanan dan Perlindungan
Jika kita sudah bekerja dan mendapat fasilitas asuransi kesehatan dari kantor, namun seringkali merasa yang ditawarkan belum maksimal.
Lebih baik mencari perusahaan asuransi yang mau menerima double claim. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan kebijakan tersebut. Hal ini cukup membantu, karena kita bisa mendapat dua layanan walaupun dengan jumlah yang berbeda.
Tentunya masih banyak hal hal yang perlu diperhatikan dalam memilih Asuransi Kesehatan. Pastikan memilih asuransi yang berkualitas dan paling sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan keluarga kita. Gunakanlah informasi yang ada sebagai bahan pertimbangan.