Media Workshop, BPJS Kesehatan Surakarta Sampaikan Pencapaian Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan di Soloraya

8 Desember 2021 19:35 WIB
Media Workshop, BPJS Kesehatan Surakarta Sampaikan Pencapaian Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan di Soloraya
Media Workshop, BPJS Kesehatan Surakarta Sampaikan Pencapaian Mutu Pelayanan Fasilitas Kesehatan di Soloraya ( BPJS Kesehatan Surakarta)

 

Surakarta, Sonora.ID - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Cabang Surakarta menyelenggarakan kegiatan Media Workshop BPJS Kesehatan Cabang Surakarta.

Kegiatan ini dilaksanakan di Canting Londo Kitchen Surakarta pada hari Rabu 08 Desember 2021.

Kegiatan yang dilakukan secara offline ini menghadirkan beberapa media cetak dan media elektronik seperti radio yang berada di wilayah Surakarta.

Pelaksanaan Media Workshop BPJS ini mengambil garis besar pada overview program JKN – KIS Cabang Surakarta serta Peningkatan Kualitas Layanan untuk Mendukung Pencapaian Universal Health Coverage (UHC).

Baca Juga: Masyarakat Pengguna Jaminan Kesehatan Pekanbaru Kini Tidak Perlu Khawatir, Ini Alasannya

Melalui acara ini optimalisasi layanan kesehatan juga disampaikan yang meliputi layanan kepesertaan, pemanfaatan sistem online dalam pelayanan kesehatan, serta pemanfaatan sistem pembayaran iuran berbagai channel non tunai.

Digitalisasi pelayanan pada fasilitas kesehatan juga dapat dinikmati seperti antrian online FKRTL, Display tempat tidur, Display operasi, antrian online FKTP, serta mobile JKN Faskes.

Secara lebih lanjut juga disampaikan terkait fungsi layanan primer dari mobile JKN Faskes serta manfaatnya baik bagi peserta, dokter, maupun bagi BPJS Kesehatan.

selain itu juga memberikan simplifikasi dan kemudahan dalam memiliki identitas peserta yang dapat diakses melalui Mobile JKN berupa KIS Digital.

Melalui program BPJS SATU (Siap Membantu), peningkatan mutu layanan informasi dan penanganan pengaduan di rumah sakit juga dilakukan salah satunya melalui PANDAWA.

Merupakan Pelayanan Administrasi Melalui WhatsApp yang dapat diakses selama hari dan jam kerja mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB yang bisa dilakukan melalui CHIKA (Chat Instant JKN).

Layanan juga bisa dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 165 yang dapat dilakukan kapan saja serta melalui VIKA (Voice Interactive JKN). Sementara itu, perluasan kanal pembayaran iuran BPJS Kesehatan juga dilakukan di 696.569 titik.

Baca Juga: BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Bali, NTT dan NTB Gelar Sosialisasi Berbagai Program Inovasi Program JKN-KIS

Dalam acara ini, peran BPJS Kesehatan dalam penanganan Covid – 19 juga disampaikan diantaranya adalah sebagai penyedia data untuk bantuan sosial, verifikasi klaim Covid – 19, penyesuaian indikator KBK untuk Edukasi Disiplin Protokol, sebagai penyedia data dan P-Care pelayanan vaksinasi.

Sebagai bentuk sinerginya BPJS Kesehatan juga bekerja sama dengan Pemkot Surakarta untuk pelaksanaan percepatan program vaksinasi dengan prolanis sebagai prioritasnya pada akhir Agustus 2021 lalu.

Program pelayanan primer serta pelayanan lanjutan di masa pandemi Covid – 19 juga disampaikan dalam acara ini.

Dalam menjalankan programnya, BPJS Kesehatan juga sampaikan berbagai tantangan dan harapan. BPJS Kesehatan juga memberikan dukungan kepada media dalam hal pengawasan dan sosialisasi, penyebaran informasi, pendidikan, dan persuasi.

PenulisRiyani
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm