Sonora.ID - Bank BRI baru saja menutup acara UMKM EXPO(RT) BRILLIANPRENEUR 2021 pada Kamis 16 Desember 2021 kemarin.
Diikuti oleh 500 ribu UMKM di seluruh Indonesia, acara tersebut merupakan salah satu rangkaian HUT BRI yang ke-126.
Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI Amam Sukriyanto mengungkapkan bahwa transaksi business matching pada acara ini telah melampaui target yang ditetapkan.
“Sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara dari Amerika Serikat, Uni Eropa, Timur Tengah, Jepang, Australia, berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai USD 72,13 juta," ungkap Amam dalam Closing Ceremony UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021.
Baca Juga: Merasa Tertinggal dari Teman? Lakukan 5 Hal Ini agar Merasa Lebih Baik
Ia mengungkapkan bahwa angka tersebut melampaui target sebesar USD 65 juta. Pencapaian ini menjadi momentum bagi UMKM Indonesia untuk survive, bangkit, dan bertransformasi dalam menjawab tantangan yang ada.
Dalam acara tersebut, BRI lebih berfokus pada UMKM yang belum pernah mengekspor
produknya. Tak lain agar mereka dapat merambah peluang pasar dan mendapatkan pengalaman ekspor.
“Banyak manfaat yang diperoleh UMKM dalam kegiatan ini, seperti kurasi yang
bertujuan untuk memastikan kualitas produk UMKM tetap terjaga. Selain itu, terdapat pelatihan marketing online sehingga pelaku usaha mendapatkan pengetahuan baru terkait pemasaran di marketplace,” katanya
Meski digelar secara virtual, UMKM EXPO(RT) BRILLIAN PRENEUR berhasil menarik antusias masyarakat. Hal itu terbukti dari banyaknya pengunjung website brillianpreneur.com yang mencapai 300 ribu pengunjung.
Tak hanya itu, transaksi yang didapat dari acara tersebut mencapai Rp 8,1 miliar. Angka tersebut tumbuh sebanyak 161 persen jika dibandingkan tahun lalu.
Pada puncak acara, BRI memberikan penganugerahan UMKM Awards 2021 dengan
menghadirkan sejumlah kategori, yakni “UMKM Best Newcomer in Business Matching” dan
“UMKM Top Deals in Business Matching”. Sementara kategori penghargaan untuk buyer, yakni
“The Highest Deal Commitment” dan “The Highest Business Matching Activity”.
Baca Juga: Izin Berusaha UMKM Sulit? Tidak, Hanya Bermodal Smartphone Sudah BisaDalam event ini, kegiatan promosi produk UMKM di bazaar online via e-commerce Shopee dan PaDi UMKM juga menarik antusiasme masyarakat. Keberhasilan ini didukung oleh promo
BRI percaya dengan kegiatan UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, pelaku UMKM di Indonesia bisa lebih percaya diri untuk merambah pasar luar negeri.
Tak sampai di situ, BRI juga berkomitmen untuk tetap mendukung UMKM untuk terus maju.