Sonora.ID – Salah satu media sosal yang digunakan untuk pemasaran adalah Instagram. Bukan hanya terdapat panduan yang mudah, tapi media Instagram termasuk media sosial yang sangat populer dan cocok digunakan untuk pemasaran berbagai produk jualan.
Bukan hanya berbentuk barang, tapi bisa jusa sebuah jasa dipasarkan melalui media sosial ini.
Banyak berbagai pilihan cara promosi yang didukung dengan fitur yang ada di Instagram. Kita bisa membuat postingan secara gambar, video pendek ataupun live bersama pelanggan.
Berbagai fitur tersebut sebaiknya kita gunakan secara optimal untuk menunjang pemsaran kita.
Namun, tidak hanya itu saja. Bagi seorang pemula hal yang perlu diperhatikan dalam mencari seorang pelanggan atau ingin mengenalkan akun bisnis yang kamu jalankan.
Bukan hanya sekedar membagikan sebuah postingan dengan visual menarik atau menentukan tema konten yang menarik serta memperhatikan waktu upload.
Tapi ada hal-hal mendasar yang bisa kamu gunakan untuk memperluas jangkauan penjualan melalui media sosial ini.
Selain itu cara ini berpotensi berhasil untuk dilirik orang bagi akun yang baru kamu buat.
Jika kita menjalani tips berikut dengan konsisten, bukan hanya akun bisnismu yang akan banyak dikenal namun ini juga akan membuat kesempatan besar untuk membuat jasa maupun produkmu akan dipenuhi pelanggan.
Baca Juga: 5 Aspek Pemasaran 5.0 dan Rahasia 'Customer Need ' Masa Pandemi
Bagaimana tipsnya? Berikut ulasannya:
Manfaatkan SEO Instagram
Sebelum kamu menggunakan kata kunci dan hastag, pastikan akun yang kamu miliki adalah akun bisnis atau akun yang bisa diakses secara publik.
SEO Instagram jelas berbeda dengan SEO website, disini kamu akan lebih mudah dan cukup ringkas dalam mengoptimalkan SEO Instagram.
Hal yang paling mendasar adalah nama dari akun bisnis yang kamu gunakan. Ciptakan nama yang mudah diingat orang atau populer serta tentunya mudah dicari.
Contohnya, bila kamu menjual baju lengkap dari atasan dan bawahan, kamu bisa menggunakan kata ‘setelan’ untuk nama akun bisnismu tersebut dan tentunya kamu harus mencantumkam gambar yang melambangkan nama tersebut.
Selain itu, tuliskan sedikit tagline dalam bio akun Instagram tersebut. Bila kamu dapat menyajikan website atau tempat jualan melalui marketplace, kamu bisa menaruhnya di bio Instagram.
Bukan hanya berhenti disitu saja, SEO dalam Instagram juga akan membaca display name pada akun bisnismu, jadi kamu juga perlu mencantumkan nama yang senada dengan username serta barang yang kamu jual.
Baca Juga: Wajib Tahu! Dua Alasan Ini Buat Sales Gagal Menawarkan Produk Via Telepon
Penggunaan Hastag
Salah satu cara orang akan mencari barang incarannya yaitu melalui hastag yang ada di Instagram. Jadi, setiap kamu melakukan postingan gunakan hastag yang berpotensi itu akan membuat orang menuju akun jualanmu.
Sebagai contoh, bila kamu menggunakan nama ‘setelan’ untuk akun bisnismu dan kamu memang menjual baju, pada setiap postingan kamu bisa menggunakan #jualbajusetelan.
Disisilain, kamu juga bisa menggunakan hastag yang sedang populer di Instagram.
Mungkin ini akan sedikit aneh bila hastag tidak sesuai dengan barang yang kamu jual, namun ini adalah salah satu cara untuk mendapatkan peningkatan insight Instgram yang kamu miliki.
Tambahkan Lokasi Populer
Bukan hanya menggunakan hastag yang sedang populer, tapi kamu bisa menambahkan lokasi yang populer pada postinganmu untuk manambah jangkauan penjualanmu.
Dalam pencarian Instagram, akunmu akan muncul dan berpotensi membuat orang lain melirik akun bisnis yang sedang kamu jalankan.
Baca Juga: 'Dari Mulut ke Mulut', Teknik Marketing Paling Efektif untuk Datangkan Pelanggan Baru