Sonora.ID - Dengan kemudahan, kemurahan, dan kecepatan media sosial, banyak orang yang menginginkan pekerjaannya, usahanya, atau bisnisnya juga dipengaruhi oleh kemajuan teknolgi tersebut.
Munculnya media sosial seperti Instagram hingga TikTok membuat berbagai peluang terbuka lebar, terlebih saat ini banyak juga bisnis yang menjadi sorotan banyak orang setelah viral di media sosial.
Tak heran jika saat ini para pebisnis tidak hanya bertujuan untuk sukses membangun usahanya tersebut, tetapi mereka juga ingin bisnis atau usahanya menjadi viral di media sosial, sehingga pemasukannya bertambah.
Ditambah lagi dengan kehadiran selebgram, selebTikTok, influencer, serta berbagai profesi lainnya yang memang membantu para pengusaha untuk memasarkan bisnisnya di media sosial pribadi mereka.
Tujuan menjadi viral ini tak ada salahnya, tetapi memang ada tahap atau proses yang harus dilalui.
Dalam program Smart NLP di Radio Smart FM, Licensed Master Trainer of NLP, Hingdranata Nikolay menegaskan bahwa pada dasarnya untuk mendapatkan ide membangun usaha yang viral atau ide marketing yang viral pasti ada kegagalan yang dilalui.
“Apapun ide yang kita dapatkan, kita ingin ide tersebut langsung berbuah sukses, kita ingin idenya langsung perfect, langsung memberi jawaban kepada semua problem kita,” papar Hing menegaskan.
Banyak pebisnis yang dengan sendirinya mematikan idenya karena merasa idenya tidak bisa viral.
Padahal ide tersebut bisa menjadi salah satu jawabannya menuju tujuan viral tersebut.
Maka Hing menegaskan ketika ada ide yang muncul, hindari pressure atau tekanan untuk menjadi viral atau booming.
“Hindarkan pressure idenya langsung viral, langsung booming. Karena ada orang yang merasa bahwa idenya bagus hanya kalau idenya master piece yang terkenal, viral, kalau begitu baru diproduksi, ya enggak bisa begitu,” tegasnya.
Bahkan, dirinya yakin orang yang memiliki bisnis yang viral pada saat ini saja, sebenarnya idenya itu bukanlah ide yang pertama atau tanpa revisi.
Bisnis yang viral pasti telah mengalami berbagai tahap bahkan kegagalan.
“Ide, produk yang terkenal yang viral, begitu muncul kita bilang ‘wow ni orang jenius’, yang dia tidak tahu, hard disk-nya penuh dengan coretan, lacinya penuh dengan sobekan kertas yang tidak jadi. Itu yang tidak lihat oleh umum,” sambung Hing.
Baca Juga: Kagum dengan Bisnis yang Viral? Master Trainer Bagikan Rahasianya