Tetap Positif, Terapkan 5 Tips Ini Jika Kamu Ingin Resign dari Kantor

13 Januari 2022 19:25 WIB
Illustrasi resign
Illustrasi resign ( )

Sonora.ID - Menyandang status sebagai karyawan atau pekerja dari suatu instansi mungkin menjadi cita-cita bagi sebagian besar orang, entah itu yang kemarin-kemarin baru saja terkena PHK sepihak, lulusan baru (fresh graduate), atau yang belum manjur rezekinya.

Memiliki status sebagai pekerja, meskipun cukup memberatkan, di lain sisi menjadi satu cara untuk bertahan hidup.

Dengan sistem gaji yang diterima setiap bulannya kamu bisa melangsungkan kehidupan dan mulai menutupi kebutuhan finansial keluarga.

Bagi para pekerja, mungkin pernah mengalami beberapa kondisi yang membuatmu tidak lagi merasa nyaman di kantor.

Entah itu lingkup kerja, gaji yang tidak kunjung meningkat, tidak dipromosikan, atau ingin pindah ke ranah lainnya yang lebih kamu minati.

Jika kamu berpikir untuk mengundurkan diri secara profesional, simak tips berikut.

1. Ikuti prosedur perusahaan/instansi

Periksa terlebih dahulu kontrak atau panduan manual karyawan sesuai dengan pemberitahuan atau jadwal yang tertera. 

Ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan sopan santun profesional dan mungkin penghentian dirimu di perusahaan juga bergantung padanya.

Baca Juga: Sedang Cuti tapi Frustasi? Begini Tips Meredakan Stres saat Liburan

Jika pekerjaan baru yang kamu inginkan adalah rival atau pesaing dari perusahaanmu saat ini, pastikan kamu tidak melanggar kontrak dengan menerima posisi tersebut.

2. Mengundurkan diri secara tatap muka

Selalu berikan pemberitahuan secara tatap muka, lalu ikuti dengan surat.

Jangan pernah untuk melakukan pengunduran diri melalui surat elektronik (e-mail) karena itu bisa dianggap sangat tidak sopan.

3. Bersikap ramah

Selama pertemuan untuk pengunduran diri, pastikan untuk selalu berterima kasih kepada atasanmu atas pengalaman dan kesempatan yang kamu miliki selama bekerja.

4. Tetap positif

Jangan pernah mengeluh kepada rekan kerja tentang ketidakpuasanmu di tempat kerja.

Jangan pernah menghina pekerjaan atau atasanmu saat kamu masih dalam proses wawancara dengan instansi baru.

Baca Juga: 4 Tips Mudah Tingkatkan Kinerja dalam Bekerja: Biarkan Gangguan Datang!

Selain itu jangan pernah merendahkan pekerjaanmu saat ini di media sosial.

Ketika kamu ditanya alasan kepergianmu dari perusahaan, jawaban yang direkomendasikan adalah, "untuk mencari kesempatan yang lebih baik". 

5. Tetap jaga rekomendasi yang baik

Mintalah rekomendasi sebelum kamu benar-benar pergi.

Jika kamu sudah diterima di tempat baru ini mungkin tampak tidak penting tetapi ada baiknya untuk selalu memiliki orang-orang yang bisa kamu mintakan rekomendasi dari pekerjaanmu sebelumnya.

 Baca Juga: Pelamar Kerja Wajib Tahu, Ini 3 Poin yang Dinilai Saat Wawancara Kerja

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm