Sonora.ID - Menyandang status sebagai karyawan atau pekerja dari suatu instansi mungkin menjadi cita-cita bagi sebagian besar orang, entah itu yang kemarin-kemarin baru saja terkena PHK sepihak, lulusan baru (fresh graduate), atau yang belum manjur rezekinya.
Memiliki status sebagai pekerja, meskipun cukup memberatkan, di lain sisi menjadi satu cara untuk bertahan hidup.
Dengan sistem gaji yang diterima setiap bulannya kamu bisa melangsungkan kehidupan dan mulai menutupi kebutuhan finansial keluarga.
Bagi para pekerja, mungkin pernah mengalami beberapa kondisi yang membuatmu tidak lagi merasa nyaman di kantor.
Entah itu lingkup kerja, gaji yang tidak kunjung meningkat, tidak dipromosikan, atau ingin pindah ke ranah lainnya yang lebih kamu minati.
Jika kamu berpikir untuk mengundurkan diri secara profesional, simak tips berikut.
1. Ikuti prosedur perusahaan/instansi
Periksa terlebih dahulu kontrak atau panduan manual karyawan sesuai dengan pemberitahuan atau jadwal yang tertera.
Ini merupakan salah satu cara untuk menunjukkan sopan santun profesional dan mungkin penghentian dirimu di perusahaan juga bergantung padanya.
Baca Juga: Sedang Cuti tapi Frustasi? Begini Tips Meredakan Stres saat Liburan
Jika pekerjaan baru yang kamu inginkan adalah rival atau pesaing dari perusahaanmu saat ini, pastikan kamu tidak melanggar kontrak dengan menerima posisi tersebut.
2. Mengundurkan diri secara tatap muka
Selalu berikan pemberitahuan secara tatap muka, lalu ikuti dengan surat.
Jangan pernah untuk melakukan pengunduran diri melalui surat elektronik (e-mail) karena itu bisa dianggap sangat tidak sopan.
3. Bersikap ramah
Selama pertemuan untuk pengunduran diri, pastikan untuk selalu berterima kasih kepada atasanmu atas pengalaman dan kesempatan yang kamu miliki selama bekerja.
4. Tetap positif
Jangan pernah mengeluh kepada rekan kerja tentang ketidakpuasanmu di tempat kerja.
Jangan pernah menghina pekerjaan atau atasanmu saat kamu masih dalam proses wawancara dengan instansi baru.
Baca Juga: 4 Tips Mudah Tingkatkan Kinerja dalam Bekerja: Biarkan Gangguan Datang!
Selain itu jangan pernah merendahkan pekerjaanmu saat ini di media sosial.
Ketika kamu ditanya alasan kepergianmu dari perusahaan, jawaban yang direkomendasikan adalah, "untuk mencari kesempatan yang lebih baik".
5. Tetap jaga rekomendasi yang baik
Mintalah rekomendasi sebelum kamu benar-benar pergi.
Jika kamu sudah diterima di tempat baru ini mungkin tampak tidak penting tetapi ada baiknya untuk selalu memiliki orang-orang yang bisa kamu mintakan rekomendasi dari pekerjaanmu sebelumnya.
Baca Juga: Pelamar Kerja Wajib Tahu, Ini 3 Poin yang Dinilai Saat Wawancara Kerja