Sonora.ID – Bakal cepat untung bila kita melakukan strategi pemasaran yang cocok dengan bisnis yang kita jalankan.
Salah satunya bisnis yang tak pernah surut pembeli namun memiliki banyak pesaing adalah bisnis fesyen. Segala model fesyen, sepatu hingga pernak perniknya ada dalam satu toko.
Berdasarkan Data Reportal yang menunjukkan insight bisnis, sejak tahun 2020 kenaikan bisnis fesyen kian bertambah.
Pada akhir tahun 2021 kemarin, bisnis tersebut berada di posisi 2 yang menunjukan bahwa bisnis fesyen ini merupakan peluang yang bagus untuk dikembangkan pada penjualan dunia digital.
Selain itu, penjualan fesyen melalui e-commerce juga dinilai sebagai penolong masyarakat dalam mencukupi kebutuhan masyarakat selama pandemi.
Untuk bertahan dengan bisnis ini juga tidaklah mudah, sebab banyak pesaing yang mesti kita akui keberadaan bisnisnya.
Maka dari itu, di tahun 2022 ini para pelaku bisnis membutuhkan strategi pemasaran untuk menghadapi banyaknya pesaing serta untuk mendapatkan untung dalam bisnis fesyen melalui penjualan digital. Berikut strategi jitu yang dapat diterapkan dalam mempertahankan bisnis fesyen:
1. Live Shopping
Pasti sudah tidak asing lagi dengan strategi yang satu ini. Live shopping semakin marak saat pandemi Covid-19.
Baca Juga: Fenomena Rebutan Bear Brand, Konsultan: Mereka Punya Strategi Ini
Startegi jitu pemasaran ini bisa kamu lakukan untuk menghadapi pesaing serta mencari keuntungan dari bisnis fesyenmu.
Kamu perlu menentukan jam untuk mengadakan live shopping dan tentunya waktu tersebut sesuai dengan baju seperti apa yang kamu jual. Atau kamu bisa mengambil waktu prime time, yaitu di jam 7 hingga 8 malam.
Kemudahan dalam live shopping yaitu calon pembeli dapat langsung membayarkan saat live berlangsung.
Sayangnya, tidak semua media sosial dapat melakukan live shopping. Beberapa media sosial di Indonesia masih terbatas dengan live streaming para penjualnya untuk melakukan pemasaran.
2. Jual Secara Online
Pasti semua pelaku bisnis sudah melakukan hal ini, hanya saja apakah semua orang sudah menerapkan penjualan pada platfrom yang benar?
Setiap social commerce, memiliki keunggulannya masing-masing untuk melakukan penjualan. Jangan sampai salah menaruh konsep iklam atau menjual barang pada media social commerce yang salah.
Kamu dapat menggunakan Instagram, Facebook maupun Pinterest untuk melakukan strategi jitu pemasaran dari produk yang kamu jual.
Selain itu, daftar jadi mitra e-commerce, kamu perlu mencaantumkan foto baju-baju model apik yang kamu jual, lengkap dengan deskripsi jelas dan menarik.
Baca Juga: Pertahankan Bisnis Selama PPKM dengan 3 Strategi Keuangan Berikut!
Selanjutnya, kunci dari bisnis online adalah pelayanan. Kamu harus layani pertanyaan calon pembeli dengan ramah.
Adakan promo gratis ongkos kirim misalnya dengan minimum belanja atau syarat apapun.
3. Sistem Kredit
Bukan hanya promo yang akan menarik mata penjual. Tapi, memberikan sistem kredit juga tren dilakukan para pelaku bisnis fesyen kelas atas yang dapat digunakan sebagai strategi jitu pemasarannya.
Biasanya para ibu-ibu sosialita akan sulit untuk mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk menunjuang penampilannya dalam sekali bayar.
Bila kamu memiliki toko secara fisik, kamu dapat menggunakan cara ini untuk berjualan secara offline.
Namun, untuk mengambil keuntungan dengan sistem kredit, kamu bisa melebihi harga jual dibanding dengan cash.
Bila ingin melakukan sistem kredit kamu bisa menentukan tenor dan pembayaran murah dalam sekali menyicil.
Baca Juga: Strategi Investasi di Dunia Cuma Ada 4! Catat Penjelasan dari Pakar