Sonora.ID - Tahun Macan Air merupakan tahun yang menyebarkan semangat perjuangan (fighting spirit) besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
Dua tahun terakhir yang menyisakan keterpurukan membutuhkan semangatmu untuk bangkit di tahun ini.
Lalu bagaimana dengan semangat para e-commerce yang sudah difasilitasi dengan digitalisasi akses yang cenderung memudahkan segalanya?
Namun dalam praktiknya tidak semua fasilitas ini dapat membuahkan hasil bagi para perlaku e-commerce; ada yang gagal dan sukses.
Hadi Kuncoro dalam 'Fighting Spirit Pelaku E-Commerce di Era Digital' yang mengudara di Radio Smart FM (31/1/22) membagikan fighting spirit yang harusnya dimiliki para pelaku e-commerce.
Satu kondisi yang perlu dihadapi para pelaku e-commerce adalah ketidakmungkinan; yang mana semuanya memulai dari nol sembari memprediksi peluang di depan.
Tentunya kondisi ini cukup membuat para pelaku menjadi kebingungan dan pesimis sehingga kamu harus memiliki kepercayaan dan optimis.
Pendiri Power Commerce Asia tersebut mengatakan hal pertama yang perlu dimiliki adalah kepercayaan yang dibarengi dengan objektivitas.
Objektivitas ini berkaitan dengan realita yang ada, misalkan adanya prediksi perekonomian nasional, regional, dan global.
Baca Juga: Ridwan Kamil Resmikan Pendanaan Untuk Umkm Bernama ‘Jabar Panon’
"Kepercayaan dan objektivitas ini juga bukan hanya tentang menjual, tetapi bagaimana bisnis melakukan transformasi yang nantinya akan berbasis digital," ujarnya.
Prediksi ini berangkat dari realita, bisa jadi seperti kumpulan data-data yang telah kamu telusuri.
Kumpulan data dan riset ini merupakan salah satu upaya untuk memvalidasi prediksimu.
Kedua, selain dari riset, kamu juga akan membutuhkan sebuah benchmark.
Kamu perlu melihat perusahaan lain yang mungkin melakukan atau berdagang yang sama seperti usahamu walaupun secara jumlah cukup sukar ditemukan.
Artinya landasanmu berjualan tidak hanya semata-mata karena insiatif yang benar-benar baru, melainkan sudah ada pendahulu berikut dengan pengalaman serta progresnya.
Ketiga, "kamu perlu mulai membangun uji coba" ujar Hadi.
Ini merupakan tahapan uji coba market feed untuk benar-benar membuktikan apakah usahamu telah berjalan secara efektif dalam ranah industri.
Keempat, perlu adanya konsistensi.
"Kadang-kadang ide melakukan ide coba pasar kadang dihadapkan dengan bangkrut atau kejadian-kejadian tidak menyenangkan seperti tidak memberikan profit,"
Konsistensi perlu dilakukan untuk mencapai tujuan besarnya, terlepas dari jatuh bangun yang dialami.