Sonora.ID – Membuat iklan untuk usaha yang sedang kita rintis sebaiknya jangan asal-asalan. Sebab, iklan juga bisa menarik konsumen dengan apa yang kamu tampilkan.
Iklan sangatlah diperlukan di pasar ekonomi dan kini iklan berevolusi dengan sangat cepat.
Banyak perusahaan yang telah meninggalkan media iklan tradisional dan beralih ke media sosial. Walaupun media yang digunakan tidak lagi sama, prinsip dasar pembuatan iklan tidak berubah.
Tidak perlu rumit dan pakai alat yang ribet. Tema yang yang sederhana dan menarik bisa membuat para calon konsumen mudah mengingat iklan serta produk atau jasa yang kamu pasarkan tersebut.
Namun, sebelum mempublikasikan iklan yang kamu buat tentunya identifikasi target pasar sangat perlu.
Bisnis atau produk yang kamu jual tentunya bisa menyebar untuk semua kalangan, namun untuk pembuatan iklan kita bisa lebih spesifik menentukan siapa sasaran yang akan kita bidik.
Bila sudah kamu tentukan, cobalah untuk merancang iklan. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah 3 langkah yang bisa kamu contoh untuk merancang iklan agar pemasaranmu mudah diingat oleh khalayak.
Memilih Visual Atau Gambar
Dalam menggunakan gambar atau visual dalam iklan yang kamu buat tentunya juga tidak sembarangan.
Baca Juga: Promosi Gagal Terus Menarik Pembeli? Mungkin Ini Penyebabnya!
Bukan hanya selaras dengan barang atau jasa yang kamu pasarkan. Namun, kamu perlu memberikan visual maupun audio yang mudah diingat oleh para calon pelanggan.
Kamu bisa mengikuti tren yang sedang banyak jadi perbincangan banyak orang atau bahkan hal yang kontroversi namun masih pada level wajar.
Perlihatkan Keunggulan Produk dengan Pesaing
Kamu harus menampilkan keunggulan produk yang kamu iklankan tersebut dengan pesaing usaha atau bisnismu.
Hal tersebut bisa dalam kalimat atau melalui video yang kamu pasarkan. Yang jelas, pesan dari keunggulan produk serta jasamu tercapai dan sampai ke para pelanggan.
Gunakan Logo Bisnis
Ini memang bukan hal yang wajib, namun sangat disarankan agar bisnismu memiliki identitas di mata masyarakat.
Bukan hanya logo, tagline dan kata-kata pamungkas untuk iklan bisnismu juga peru kamu sertakan.
Sebuah gambar menceritakan seribu kata, dan jika sebuah logo efektif digunakan, kata-kata tidak diperlukan lagi (logo centang Nike, logo apel yang tergigit milik Apple).
Baca Juga: 3 Tren Pemasaran Digital yang Membawa Kesuksesan Bisnis di 2022