Sonora.ID - Salah satu kebiasaan manusia dalam melakukan pekerjaan adalah mudah atau rentannya pengalihan fokus atau perhatian ke hal-hal yang tidak penting.
Mudahnya teralihkan ini bisa disebabkan karena kamu cenderung melihat pekerjaanmu sebagai hal yang tidak begitu penting sehingga kamu merasa tidak akan bermasalah jika kamu berusaha mengalihkan fokus.
Namun demikian, perhatian yang bias tersebut bisa saja berujung pada kondisi buruk, entah itu pekerjaanmu menjadi tidak kunjung selesai, sulit kembali fokus, dan lainnya.
Berbicara mengenai perhatian, Arvan Pradiansyah menjelaskan tentang keterbatasan perhatian manusia dan sedikit cara mudah untuk memaksimalkannya.
"Perhatian merupakan sumber daya yang sering kali defisit karena pikiran kita sulit untuk selalu dibagi-bagi ke banyak hal," ujar motivator nasional tersebut dalam siaran bertajuk 'Perhatian Itu Terbatas, Simak Penjelasan Arvan Pradiansyah' dyang mengudara di Radio Smart FM.
Dunia dibagi dua, ada hal yang penting dan tidak penting.
Berkaitan dengan hal itu, Arvan mengatakan kalau terdapat kegiatan tertentu yang mungkin akan memakan konsentrasimu hingga mencapai 70 sampai 80 persen.
Oleh karenanya, ketika melakukan kegiatan tersebut kamu akan sulit dan tidak akan disarankan pula untuk sambil mengerjakan hal lain yang juga memakan banyak konsentrasi.
Seperti contohnya saat mengemudi mobil, terlebih dalam kecepatan tinggi atau di daerah tol.
Baca Juga: 8 Ilusi Optik Ini akan Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi Anda!
Dengan konsentrasi yang besar tersebut, kamu sebetulnya masih bisa melakukan kegiatan lain asalkan kegiatan tersebut tidak memerlukan perhatian dan energi yang sangat besar, katakanlah hanya sekitar 15 persen.
Maka dari itu, ketika kamu menyetir mobil sambil mendengarkan lagu, konsentrasi berkendaramu tidak akan begitu terganggu karena mendengarkan lagu tidak membutuhkan perhatian dan energi yang besar.
Ini pun berlaku ketika kamu mengerjakan tugas pekerjaan di kantor, sekolah, kampus, organisasi, atau dimana pun itu.
Seringkali kita terjebak dalam kondisi stuck atau burn out ketika mengerjakan satu hal dan akhirnya kamu memilih untuk berhenti atau melalaikan tugasmu.
Berangkat dari penjelasan Arvan tersebut, maka ketika kamu dibebankan beberapa pekerjaan, kamu harus bisa menyortirnya.
Seperti prioritas atau yang tenggatnya paling dekat, perkiraan beban pekerjaan, durasi, dan sebagai macamnya.
Dengan begitu perhatian yang terbatasmu dapat dimaksimalkan dengan baik. Selain itu, jangan lupa untuk sedikit rehat ya Sahabat Sonora!
Baca Juga: Perhatian! Ini Beberapa Penyebab Susah Fokus dan Konsentrasi