Pengguna PLN Mobile di Jabar Meningkat hingga 1.000 Persen

24 Februari 2022 07:55 WIB
Ilustrasi penggunaan PLN Mobile.
Ilustrasi penggunaan PLN Mobile. ( Dok. PLN)

Bandung, Sonora.ID - Tercatat hingga Minggu (20/2/2022), sebanyak 4.055.740 warga Jawa Barat (Jabar) telah mengunduh aplikasi PLN Mobile.

"Tercatat di data kami, sejak Februari 2021 hingga hari Minggu (20/2) kemarin, sudah lebih dari 4 juta warga Jabar yang mengunduh aplikasi PLN Mobile. Ini berarti naik 1000 persen dari tahun lalu itu. Februari tahun lalu yang mengunduh hanya 368.643 orang saja," papar Manager Komunikasi PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jabar, Iwan Ridwan dalam keterangan resminya kepada Sonora Bandung, Rabu (23/2/2022).

Iwan melanjutkan, bahwa aplikasi PLN Mobile merupakan wujud komitmen PLN dalam memperkuat dan mempermudah layanan PLN bagi masyarakat yang mengakses berbagai layanan dan produk PLN, sekaligus bertransaksi secara digital, seperti pembayaran tagihan listrik atau pembelian token hingga penambahan daya.

“PLN Mobile itu sebagai bentuk pelayanan kami kepada masyarakat. Semuanya kami hadirkan dengan segala kemudahan akses terhadap berbagai layanan yang kami miliki. Seperti pembelian token listrik, penbayaran tagihan listrik, hingga penambahan daya listrik," ucap Iwan.

"Pertumbuhan pemakai aplikasi PLN Mobile luar biasa dan kami optimis di akhir tahun 2022 ini akan semakin meningkat,” imbuhnya.

Baca Juga: Program Electrifying Agriculture PLN Mampu Dorong Pertumbuhan Industri Pertanian di Singkawang

Berdasarkan data PLN, kata Iwan, jumlah pelanggan PLN UID Jabar yang mengunduh PLN Mobile sejak Januari 2022 hingga pekan ke-3 Februari ini sudah mencapai 577.319 pelanggan.

Menurut Iwan, jumlah ini akan terus bertambah seiring tren gaya hidup saat ini, dimana berbagai aktivitas masyarakat dapat dilakukan secara digital.

Terlebih, pada masa pandemi, layanan dan transaksi digital dapat menjadi salah satu solusi untuk mengurangi penularan Covid 19.

“Kami terus mendorong masyarakat menggunakan PLN Mobile karena ada banyak banyak manfaat yang akan diperoleh masyarakat, terlebih disaat pandemi ini,” kata Iwan

Dijelaskan Iwan, aplikasi ini memiliki fitur seperti pembelian token bagi pelanggan pra bayar, pembayaran tagihan listrik bagi pelanggan pasca bayar, monitor penggunaan listrik, hingga ada notifikasi bila token akan habis.

Baca Juga: Transparansi Data, PLN Dan Pemerintah Kota Binjai Melakukan Rekonsiliasi PPJ

Lalu pada aplikasi ini, lanjut Iwan, ada pula layanan pengajuan pengubahan daya lengkap dengan perhitungan biayanya, swadaya catat angka meter, dan layanan pengaduan pelanggan, mengontrol pemakaian, informasi pemadaman, keluhan laporan, hingga notifikasi tindak lanjut pengaduan, dan masih banyak lagi.

Terkait transaksi, Iwan menjelaskan bahwa pembelian token dan pembayaran tagihan listrik melalui PLN Mobile lebih menarik karena telah bekerja sama dengan beberapa bank dan fintech.

"Bahkan melalui PLN Mobile, pelanggan dapat membeli token mulai dari Rp. 5.000," kata Iwan.

Dalam hal pengaduan pelanggan, lanjut Iwan, melalui PLN Mobile, pelanggan dapat memonitor progress penyelesaian gangguan.

"Silahkan kepada masyarakat, untuk kemudahan dalam mengakses berbagai layanan kami, dapat mengunduh PLN Mobile di smartphone," pungkasnya.

EditorKumairoh
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm