Sonora.ID - Ketika dua orang saja bertemu dalam sebuah kesempatan, pasti ada saja pembicaraan yang mengarah pada membicarakan orang lain, terlebih jika kedua orang tersebut memiliki relasi yang sama.
Hal ini kerap terjadi di lingkungan kerja, ketika ada teman-teman yang cenderung sangat dekat, kemudian memiliki ‘musuh’ yang sama di tempat kerja, maka kemungkinan gibah setiap hari sangatlah besar.
Dalam program Smart NLP di Radio Smart FM, seorang Licensed Master Trainer of NLP, Hingdranata Nikolay angkat bicara terkait dengan kebiasaan menggosip.
Daripada menambah dosa setiap hari, Hing pun memberikan tips untuk menghentikan kebiasaan gibah.
Setidaknya ada 3 hal yang bisa mendistraksi dan membuat gibah menjadi hal yang teralihkan.
Baca buku
Ketika jam makan siang atau istirahat masih tersisa banyak, tak ada salahnya untuk menggunakan waktu tersebut dengan membaca buku.
Pasalnya, tidak hanya menjadi distraksi tetapi membaca buku akan membuka wawasan dan pikiran menjadi lebih luas.
“Perluas map, pelajari hal-hal baru, pelajari hal-hal yang selama ini kita belum pelajari, baca buku,” tegas Hing.
Baca Juga: Karena Nasi Kuning, Jusuf Hamka Sukses Hingga Jadi Bos Jalan Tol! Ini Manfaat Bersedekah
Hal ini sangat penting, karena Hing menegaskan bahwa karyawan tidak akan mudah tergeser ketika dirinya memiliki ilmu yang banyak dan map yang luas dalam pengetahuannya.
Kursus
Siapa bilang ketika hari kerja kamu tidak bisa menambahkan kegiatan yang bermanfaat?
Setelah jam kerja usai, daripada hanya nongkrong untuk gibah, lebih baik kamu mengikuti kursus yang akan menambah skill-mu.
Terlebih saat ini, banyak sekali kursus berbasis online, misalnya kursus public speaking, marketing, hingga hal-hal lain yang mungkin berhubungan dengan hobimu seperti memasak, makeup, musik, dan lain sebagainya.
“Nambah ilmu, nambah sertifikasi,” sambungnya.
Mencoba tutorial
Ada banyak tips dan tutorial yang ditawarkan di media sosial, baik Instagram, YouTube, atau yang banyak viral adalah di TikTok.
Kamu bisa mencoba tutorial yang berguna dan bisa membantu hidupmu, dengan demikian kamu bisa mengisi waktu dengan lebih berguna daripada sekadar menambah dosa dengan gibah atau ngomongin orang.
Baca Juga: 3 Cara Hadapi Rekan Kerja yang Tukang Gosip, Ratu Drama Banget!