Sonora.ID – Momentum yang tepat untuk menggencarkan bisnis dan pemasaran yaitu saat bulan Ramadhan.
Apalagi jika para pebisnis ini memiliki barang dagangan dengan barang jual seperti pakaian islam, aksesoris, aneka kue dan beberapa perlengkapan lainnya, ini menjadikan pemilik bisnis mendapat keuntungan.
Persiapan pebisnis ini bukan hanya untuk merayakan Ramadhan, namun juga untuk mempertahankan eksistansi brand yang sedang kamu rintis.
Tentu persiapan ini bukan hanya untuk diri sendiri tapi juga mampu membuat seluruh karyawan merasakan semarak bulan Ramadhan.
Bila berpatokan untuk diri sendiri, tentu paling utama persiapan fisik yang kuat harus kita dimiliki oleh para pelaku bisnis.
Dimulai dengan mengatur pola makan, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang serta menghindari konsumsi gula yang terlalu tinggi.
Jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup di waktu sahur, berbuka dan sebelum tidur.
Namun, ada persiapan lain yang harus kamu lakukan. Apalagi jika kamu seorang pemilik dari bisnis besar dan memiliki karyawan yang banyak.
Apa saja itu? Berikut lima hal yang perlu disiapkan pebisnis di bulan Ramadhan:
Baca Juga: Merintis dari Nol! 5 Pengusaha Sukses di Indonesia Dulu Hidup Susah kini Bergelimang Harta
Mengubah Dekorasi Toko dengan Suasana Ramadhan
Meski kamu bukanlah seorang muslim, namun mengubah dekorasi toko dengan suasana Ramadhan bisa menambah menarik mata pelanggan untuk berkunjung.
Apalagi produk yang kamu jual adalah barang-barang yang dibutuhkan dan banyak dicari di bulan puasa.
Dekorasi yang dapat kamu siapkan bisa berupa lampu lampion, poster atau hiasan dinding berbentuk bulan sabit.
Bila memang memiliki budget lebih, kamu bisa membuat desain dengan desain 3D berbentuk bedug atau masjid.
Persiapkan Konten Ramadhan
Tidak hanya diterapkan secara offline, namun bagi pelaku bisnis kamu juga bisa menggunakan momentum Ramadhan untuk membuat konten Ramadhan melalui media sosial.
Konten ini juga memiliki berbagai jenis, seperi gambar, video, infografis atau berbentuk teks.
Dalam media sosial, caption yang kamu sertakan juga bisa kamu sertai dengan beberpa emoticon nuansa Ramadha. Seperti masjid dan bulan sabit.
Baca Juga: 7 Ide Bisnis Kuliner Bulan Puasa, Dijamin Laris Manis dan Bikin Sukses
Penyesuaian Jam Operasional
Aktivitas masyarakat dan pelanggan juga berubah saat bulan Ramadhan, jadi kamu bisa ikut serta untuk menyesuaikan jam operasional untuk melakukan promosi atau interaksi dengan pelanggan.
Hal ini dinilai sangat penting karena bisa membuat jangkauan promosi lebih luas dan tentunya membuat pelanggan bisa melihat aktivitas dari bisnis yang kamu jalankan.
Persiapkan Promosi Bulan Puasa
Di Indonesia sendiri banyak sekali umat Muslim yang bisa kamu jadikan sebagai target pelanggan dari bisnis kamu.
Jadi momentum Ramadhan bisa kamu gunakan untuk menawarkan promo pada mereka. Tentunya dengan produk yang relevan.
Atau kamu bisa memberikan donasi yang kamu dapatkan dari keuntungan penjualan, selain dengan tujuan sedakah itu bisa dijadikan bahan untuk memperkenalkan bisnismu.
Siapkan Dana THR
Selain untuk kepentingan promosi dan pelanggan, sebagai pemilik bisnis kamu juga harus memperhatikan karyawan.
Memberikan tunjangan dan mempersiapkan dana THR bisa kamu lakukan sebelum bulan Ramadhan. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bingkisan atau parcel.
Baca Juga: Pentingnya Inovasi dalam Meningkatkan Performa Bisnis dan Produk