Sonora.ID - Berkembangnya sosial media, terlebih Instagram, menyebabkan lapangan pekerjaan baru muncul di generasi sekarang.
Pekerjaan baru tersebut adalah influencer yang biasanya akan membantu para penjual dalam meningkatkan daya minat pembeli.
Influencer akan melakukan review terkait barang-barang yang sudah diterima dari para penyewa jasa mereka. Kegiatan ini pun ramai disebut sebagai endorsement.
Para penjual akan membayar sesuai rate card dari setiap influencer yang diinginkan sebelum influencer tersebut melakukan endorse.
Kerap kali, kegiatan ini menimbulkan satu pertanyaan di benak para penjual, sebenarnya endorse ke influencer itu bawa untung atau malah rugi?
Baca Juga: Anak Muda Merapat, Inilah 3 Tips Beli Rumah Meski Gaji Hanya 3 Juta
Melalui program Motion Cuan, Cherien yang memiliki thrift shop pun membagikan pengalamannya dalam memakai jasa endorse milik influencer.
Berdasarkan perkataannya, para penjual harus pintar dalam melakukan riset terlebih dahulu untuk menentukan influencer yang tepat.
Cherien juga menambahkan jika analisa terkait influencer tersebut tidak sesuai, maka kerugian bisa saja didapat oleh penjual saat memakai jasa endorse influencer.
"Misalkan nih, followersnya banyak tapi enggak aktif, dampak ke online shop (jadi) enggak ada," ucapnya.
Pemiliki thrift shop ini pun pernah melakukan kesalahan dalam memakai jasa endorse seorang influencer yang saat itu sedang memiliki skandal.
Pebisnis muda tersebut mengatakan bahwa saat ia memakai jasa endorse influncer yang sedang kena skandal, thrift shop miliknya pun tidak luput dari hujatan netizen.
Hal ini tentu membuat Cherien rugi karena ia salah dalam menganalisa seluk beluk sang influencer.
Meskipun begitu, jasa endorse influencer tidak hanya berbicara tentang kerugian semata saja.
Cherien pun membagikan pengalamannya yang mendapatkan untung dari jasa endorse influencer untuk thrift shop miliknya.
Baca Juga: Tips Jitu Dapatkan Ratusan Juta di Umur 25 Tahun versi Raditya Dika
Saat itu, Cherien memakai jasa endorse influencer yang terkenal kreatif dan unik dalam mempromosikan barang jualan.
Dari hasil ide kreatif dan unik milik influencer ini, thrift shop milik Cherien pun mendapatkan exposure yang besar.
Bahkan, dirinya cukup yakin bahwa 80% pengikut thrift shop miliknya datang karena endorse yang dilakukan sang influencer.
"Rata-rata followers account thrift shop aku itu 80% kemungkinan dari dia," ujar sang pebisnis muda.
Meskipun harus mengeluarkan modal yang cukup besar, Cherien mengaku puas dengan hasil yang didapat.
"Budget aku, pada hari yang sama, keuntungan aku naik 100 kali lipat bisa," ucap Cherien.