Bandung, Sonora.ID - Sebuah event tahunan yang sudah keempatkalinya digelar, kini resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dan penggagas event yaitu Deputi Gubernur Bank Indonesia Donny P. Juwono, di Trans Conventions Center Bandung, Sabtu (14/5/2022).
Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ) dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) tahun 2022 dengan tema “Ekonomi Hijau dan Keuangan Inklusif untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi yang Berkelanjutan”, dan tagline “Green Growth Optimism”, adalah bentuk lain dari Jawa Barat dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (GBWI), KKJ-PKJB 2022 ini lebih spesial karena juga merupakan bagian dari side event Presidensi G20 Indonesia 2022.
Melanjutkan sinergi dan kolaborasi di tahun sebelumnya, KKJ-PKJB kali ini menghadirkan 87 UMKM kreatif Jawa Barat dengan produk premium kriya, fashion, kuliner, animasi dan produk kreatif lainnya, yang merupakan mitra Bank Indonesia, Dekranasda dan perbankan di wilayah Jawa Barat.
Dalam sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil menuturkan, bahwa ekonomi hijau seringkali disalahartikan oleh masyarakat yang kerap menganggap ekonomi hijau sebagai aktivitas daur ulang.
"Tema tahun ini mengusung ekonomi hijau. Saya ingin mengingatkan karena kata hijau ini seringkali tidak dipahami, disangkanya hanya mendaur ulang," ucapnya.
Padahal, definisi hijau adalah aktivitas manusia yang rendah karbon. Menurutnya, saat ini gaya hidup masyarakat terbilang boros karbon karena masih mengandalkan bahan bakar bensin yang didapat dengan cara mengeruk perut bumi.
Volume karbon berlebih mengakibatkan pemanasan global atau efek rumah kaca. Hal ini membuat cuaca tak menentu dan sulit diprediksi, sehingga mengancam ketahanan pangan.
Gaya hidup hemat atau rendah karbon harus selalu diterapkan oleh para pelaku UMKM. Gubernur menuturkan, gaya hidup hemat karbon ini bisa dimulai dengan memilih bahan baku lokal.
"Jadi untuk ekonomi hijau, mari maksimalkan kekuatan lokal, resources-nya lokal, jualan di level lokal, dan kalau bisa energinya juga energi hijau, yaitu memanfaatkan panas bumi, energi matahari, air, angin, dan sebagainya," tegasnya.
Sedangkan Kepala BI Jabar Herawanto mengatakan, event ini adalah upaya mewujudkan ekosistem ekonomi hijau, untuk itu dihadirkan showcasing produk UMKM sektor industri kreatif ekonomi hijau seperti ecoprint, pemanfaatan pewarna alam, daur ulang limbah tekstil menjadi pakaian ready to wear, serta pemanfaatan sisa-sisa material produksi.
"Upaya ini merupakan wujud kontribusi KKJ-PKJB 2022 bagi pengembangan ekonomi hijau untuk menanggulangi kemiskinan, mendorong inklusi sosial, kelestarian lingkungan dan
efisiensi sumber daya," ucap Herawanto.
Di samping tema besar Green Growth Optimism, lanjut Herawanto, KKJ-PKJB 2022 juga turut mendukung ekosistem ekonomi digital, melalui penerapan digital payment dalam melakukan transaksi yaitu dengan menggunakan kartu debit, kartu kredit ataupun QRIS sehingga pengunjung juga didorong untuk menikmati QRIS experience.
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Salahudin Uno dalam sambutan virtualnya, berharap semakin banyak pelaku industri kreatif dan UMKM yang mendukung pariwisata di Jabar.
Dirinya optimistis gelaran tersebut mendukung kebangkitan ekonomi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Apresiasi juga turut disampaikan oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
Sesuai dengan tema keuangan inklusif, dalam KKJ dan PJKB 2022 juga dilakukan penandatanganan akad kredit antara UMKM dengan tujuh perbankan.
Baca Juga: KKJ-PKJB 2022 Disebut Jadi Ajang Promosi Produk-Produk Premium UMKM
KKJ-PKJB 2022 juga menghadirkan business matching UMKM dengan international buyer sinergi dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Luar Negeri dan Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) London, Jepang, Korea, Amerika, Singapura dan China .
Berlangsung hingga 16 Mei 2022, KKJ-PKJB 2022 juga diisi dengan berbagai macam kompetisi, diantaranya lomba desain eco-fashion, kompetisi creative beverages, lomba fotografi dan kompetisi video pendek animasi, serta hiburan dari sejumlah musisi.