Sonora.ID - Sebagian karyawan pasti pernah merasakan situasi dilema ketika atasan memberi pekerjaan di luar jobdesk sehari-harinya.
Di satu sisi, pasti kita merasakan sungkan untuk menolak apalagi jika atasan yang memberi perintah secara langsung.
Namun, di sisi lain kita juga mempunyai banyak pekerjaan yang belum diselesaikan, apalagi jika tenggat waktu sudah dekat. Maka dari itu, keterampilan menetapkan batas dan menolak pekerjaan di luar jobdesk secara halus sangat diperlukan.
Berikut beberapa cara dari pakar karier supaya tidak bekerja terlalu keras atau terlalu lama karena enggan menolak permintaan atasan.
1. Memilih waktu yang tepat untuk menolak
Kebanyakan atasan meminta kita melakukan pekerjaan tambahan dengan kalimat yang sopan. Peryataan sopan atasan mungkin menimbulkan kondisi yang serba salah.
Jika menerima tawaran atasan maka pekerjaan kita akan bertambah. Sedangkan jika menolak, pasti ada rasa khawatir dengan masa depan karier di tempat kerja.
Belajar menyelaraskan prioritas atasan dengan kepentingan karyawan adalah cara terbaik untuk mengelola kehidupan pribadi dan karier. Seringkali atasan tidak menyadari bahwa permintaannya membuat beban karyawan.
Di kutip dari Kompas.com, pelatih karier Jasmine Escalera menyarankan menolak permintaan atasan dengan menekan dampaknya pada inefisiensi pekerjaan karyawan.
Baca Juga: Nimbun Harta Kekayaan Paling Banyak, Ternyata 5 Zodiak Ini Jadi Karyawan Kesayangan Atasan
2. Memberi tahu rekan kerja
Pekerjaan tambahan di luar jobdesk bisa datang dari rekan kerja yang meminta bantuan. Untuk itu, kita bisa menolak bila tidak bertanggung jawab kepadanya. Bisa juga menawarkan membantu di lain waktu atau menyarankan meminta bantuan rekan lain.
Presiden Konsultan Pengembangan Kepemimpinan Careeestone Group Mary Abbajay,
“idenya adalah untuk menjadi ramah dan membantu tanpa mengatakan ‘ya’ jika Anda tidak punya waktu untuk melakukannya,” ungkapnya.
Jika kita terlalu sungkan menolak permintaan tersebut, bisa berisiko membebani diri sendiri dan mengganggu pekerjaan kita.
3. Menolak dengan menawarkan solusi lain
Kesalahan karyawan adalah tidak menawarkan solusi lain ketika menolak pekerjaan tambahan dari atasan.
Pastikan kita untuk menolak permintaan tersebut dalam bahasa yang formal sekaligus menjelaskan soal pekerjaan kita yang ingin diprioritaskan.
Di sisi lain, kita juga harus bisa menjelaskan soal estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan saat ini. Oleh karena itu, atasan bisa mengalihkan tambahan pekerjaan tersebut kepada rekan kantor yang lain.
Baca Juga: Ketahuan! 3 Kesalahan Fengshui Rumah Ini Bikin Kamu Gagal Jadi Bos