Sonora.ID - Ini cara mengirim lamaran lewat email yang benar ke perusahaan agar cepat mendapatkan panggilan kerja.
Dahulu kala surat lamaran kerja dibuat dengan cara ditulis tangan dan kemudian dikirimkan melalui pos kealamat perusahaan terkait.
Namun dizaman yang telah berkembang cukup modern seperti sekarang ini biasanya dalam melamar pekerjaan cenderung menggunakan email.
Banyak kandidat gagal atau tidak lolos seleksi ditahap awal saat melamar pekerjaan.
Salah satu masalah yang paling umum adalah HRD menolakj atau mengabaikan berkas lamaran di email.
Biasanya hal ini terjadi lantaran CV tidak sesuai dengan persyaratan perusahaan atau bahkan penulisan yang salah.
Buat CV-mu sesuai dengan posisi apa yang dibutuhkan. Jangan menuliskan informasi yang tak sesuai dengan posisi yang dilamar.
Jadi sebelum mengirim lamaran pekerjaan ke sebuah perusahaan perhatikan persyaratan dan posisi yang akan Anda lamar.
Agar Ketika HRD membuka surat lamaran elektronikmu tidak langsung diabaikan.
Lalu bagaimanakan cara mengirim lamaran lewat email? Berikut ulasan selengkapnya mengenai hal tersebut.
Baca Juga: Jejal Semua Lowongan, Angka Pengangguran Banjarmasin Tertinggi
Pastikan berkas lamaran jadi file PDF
Format ini menjadi salah satu format dasar yang harus Anda ketahui. Pastikan semua berkas yang Anda kirimkan termasuk lampiran menjadi format PDF.
Usahakan besaran format PDF tidak lebih dari 2 MB.
Perhatikan Judul dan Body Email
Masalah ini sebenarnya cukup basic dalam perihal pelamaran kerja. Namun masih saja banyak kandidat yang melakukan kesalahan pada bagian ini.
Padahal bagian ini menjadi salah satu hal yang krusial Ketika melamar pekerjaan.
Salah satu kesalahan umum tapi fatal yang kerap dibuat pelamar adalah tak memberikan informasi terkait pada Judul dan body email.
Tak memberikan judul email dengan baik akan membuat HRD kesulitan menemukan emailmu. Kamu bisa menuliskan judul atau subject email dengan jelas dan singkat.
Contoh keterangan Judul dan Body Email yang benar.
(Posisi yang dilamar) – (Nama Lengkap)
Baca Juga: Jarang Tersorot, Ini Potret Sederhana Orang Tua Kevin Sanjaya, Calon Besan Hary Tanoe
Lampirkan persyaratan untuk posisi yang dibutuhkan perusahaan
Lampirkan juga sertifikat pendukung yang sesuai dengan posisi yang dilamar agar menjadi pertimbangan HRD dan membuat mereka tertarik untuk memanggilmu ke proses selanjutnya.
Ada beberapa perusahaan yang meminta semua berkas masuk dalam satu folder dan ada yang tidak.
Periksa ulang semua persyaratan sebelum dikirim
Hal yang paling penting dalam cara mengirim lamaran pekerjaan lewat email adalah kamu harus menggunakan alamat email yang aktif.
Setelah melengkapi semua berkas, body email dan nama subject email dengan benar, periksa kembali sebelum mengirimnya.
Perhatikan bentuk filemu berkasmu, kesalahan tulisan dan hal lainnya.
Baca Juga: Hari Ini Dibuka Ini Tata Cara dan Rules Daftar Kerja di BUMN Tahun 2022, Ada 2700 Lowongan Kerja