Sonora.ID - Pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 telah mengubah gaya hidup kita. Salah satu contoh dalam hal pekerjaan yaitu adanya adaptasi pekerjaan yang kemudian bisa dilakukan hanya dari rumah.
Serta, banyak muncul pekerjaan baru yang terkait dengan dunia digital, seperti content creator. Hal ini juga menjadi salah satu profesi paling banyak diminati, terutama oleh kaum milenial dan generasi Z.
Terlebih bagi para lulusan baru (fresh graduate) yang menjadikan content creator sebagai peluang kerja sampingan.
Berdasarkan KitaLulus, “content creator” dapat diartikan sebagai orang yang bertanggung jawab atas setiap informasi yang ada diunggah di media digital atau orang yang membuat materi dan juga konten dengan nilai edukasi, serta hiburan yang disesuaikan dengan target dari audiens. Di mana, topik-topik yang dibahas pun bisa beragam, yaitu mulai dari fashion, beauty, kuliner, vlog, serta topik lainnya.
Content Creator juga menjadi salah satu pekerjaan yang cukup banyak diminati oleh generasi muda. Banyak konten seperti beauty make up vlogger dan food vlogger sangat membutuhkan tenaga dari “content creator”.
Pasalnya dengan keahlian yang dimiliki oleh seorang content creator juga bisa membantu menjalankan strategi digital marketing. Sedangkan, untuk pendapatan seorang content creator sendiri dinilai cukup tinggi, seperti di Amerika Serikat misalnya, content creator memiliki pendapatan sekitar USD 38.006 yang setara dengan Rp 532 juta. Di mana, para content creator ini biasanya bekerja melalui berbagai platform, seperti YouTube, Twitch, TikTok, dan platform digital lain.
Baca Juga: 5 Ide Side Hustle yang Bisa Dilakukan Generasi Sandwich dari Rumah
Jadi, tidak heran jika banyak juga content creator yang memilih fokus dalam membuat konten yang menarik. Salah satu content creator dan juga food vlogger asal Indonesia, Andre Sarwono, pemilik akun @makanterusss dengan lebih dari 2,3 juta follower di Instagram ini, mengakui bahwa profesi content creator ini semakin bertumbuh menjadi sebuah ladang penghasilan yang cukup menjanjikan.
Jika kamu ingin bekerja menjadi seorang content creator, maka kamu harus mengetahui beberapa hal penting agar menjadikan image-mu dan content-mu menjadi menarik, seperti kreativitas yang tinggi agar mendapatkan kualitas yang baik.
Cara terbaik menjadi content creator adalah kamu dapat mengetahui siapa target audiensmu. Di mana, seorang content creator akan membutuhkan banyak penonton dan audiens untuk mendukung content-nya.
Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi salah satu content creator yang baik dan menarik, kamu juga harus bisa meneliti akan keinginan dan kebutuhan dari para audiens.
Untuk permulaan, kamu bisa mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, dan lokasi. Kemudian, kamu bisa membuat konten sesuai preferensi topik favorit mereka.
Kemudian, kamu bisa memastikan konten yang telah kamu buat sudah berkualitas, baik secara visual-audio dan materi yang disampaikan.
Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui kontenmu sudah memiliki kualitas dalam menyajikan informasi valid dengan jelas dan tegas, serta tetap menarik.
Baca Juga: Kontes Konten Kreator Indonesia 2022 Targetkan 1000 Peserta
Ketika membahas tentang content creator, maka tidak lepas akan hal-hal yang terkait up to date.
Di mana, seorang content creator merupakan orang yang harus selalu update dan memiliki pengetahuan luas terhadap hal-hal di bidang industri kreatif sehingga dapat disesuaikan dengan pengetahuan yang kamu miliki terhadap topik yang kamu sajikan.
Seperti, saat kamu membuat konten dengan topik otomotif, maka kamu juga harus wajib mengikuti perkembangan otomotif ter-update.
Cara jitu agar menjadi content creator yang menarik berikutnya adalah kamu harus terus berlatih. Pasalnya, content creator termasuk ke dalam industri kreatif, sehingga bidang ini juga cukup luas cakupannya.
Terlepas dari apapun skill yang kamu miliki, kamu juga harus bisa mengolahnya menjadi sebuah konten.
Namun, jika kamu ingin konten buatanmu tetap bisa memberi berkesan dan berkompetisi dengan content creator lain, maka kamu harus tetap latihan terus menerus agar skill-mu meningkat juga.
Jika kamu ingin menjadi content creator yang sukses dan cepat diakui oleh masyarakat, maka kamu juga harus melakukan kolaborasi dengan content creator lainnya.
Di mana, biasanya para content creator akan membangun jaringan satu sama lainnya agar konten mereka bisa mendapat banyak audiens.
Untuk feedback yang dapat membangun, kamu harus bisa langsung meminta kritik dan saran terhadap kontenmu dari audiens.
Di mana, sikap seperti ini tidak hanya membantumu untuk evaluasi, tap juga menemukan lebih banyak ide baru.
Baca Juga: Gen Z dan Milenial Merapat! Ini 3 Alasan Kamu Harus Investasi Sejak DIni