Sonora.ID - Ketika mendengar radio, menonton tv, hingga membaca berbagai berita di internet, kita kerap menemukan iklan yang bahkan sering juga masuk ke dalam apapun yang sedang kita akses.
Iklan sendiri bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada setiap orang yang melihat iklan tersebut.
Itu sebabnya iklan bisa disebarkan sebanyak-banyaknya agar banyak orang yang melihat sehingga kemungkinan membeli barang atau jasa yang ditawarkan juga akan semakin besar. Tak heran iklan yang sama bisa tampil di berbagai media.
Sebagai materi tematik kelas 5 SD, berikut ini adalah unsur iklan elektronik di berbagai media.
Unsur iklan elektronik di radio
Dikutip dari Bobo.Grid.ID, iklan elektronik di radio memiliki satu unsur yaitu unsur audio atau suara.
Pasalnya, media yang satu ini memang memiliki unsur audio yang kuat, sehingga iklan juga disajikan dengan unsur suara yang harus dibuat dengan sejelas mungkin.
Biasanya iklan dibuat dengan dialog atau narasi yang jelas.
Untuk membuat iklan lebih menarik, biasanya menggunakan tambahan musik hingga efek suara lainnya untuk menggambarkan suasana.
Baca Juga: Manfaat Keragaman Karakteristik Individu, Materi Tematik Kelas 4 SD
Unsur iklan elektronik di televisi
Berbeda dengan media radio, iklan di media televisi memiliki unsur audio dan visual atau suara dan gambar. Gambar yang ditampilkan pada iklan elektronik di televisi tersebut akan lebih memperjelas pesan iklan yang disampaikan.
Iklan yang disampaikan dapat dilihat dengan jelas dan pesan yang disampaikan juga bisa diketahui dengan jelas.
Iklan di televisi cenderung berisi narasi atau dialog yang dilengkapi visual, tulisan, suara, hingga efek yang menarik.
Unsur iklan elektronik di internet
Biasanya unsur iklan elektronik di internet hanya memiliki satu unsur saja, baik hanya audio atau hanya visual.
Baca Juga: 7 Manfaat Minyak Bumi bagi Kehidupan Manusia, Materi Kelas 4 SD