Sonora.id - Shell Indonesia memperkenalkan tiga program kemitraan bagi para pengusaha sebagai peluang bisnis. Ketiga program kemitraan ini memiliki skema bisnis yang berbeda.
Menurut Presiden Direktur dan Country Chair Shell Indonesia, Ingrid Siburian, ketiga program kemitraan ini merupakan upaya Shell untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi di Indonesia.
“Bermitra dengan pengusaha lokal di Indonesia merupakan wujud komitmen kami untuk turut berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia”, jelasnya.
Para pengusaha bisa memilih skema investasi yang sesuai dengan kondisi maupun tujuan bisnis mereka.
Selain itu, Shell juga menawarkan beragam dukungan tambahan bagi para pengusaha, seperti aktivitas promosi dan pelatihan.
Menurut Ingrid, ketiga program kemitraan tersebut memiliki persyaratan yang mudah dengan skema bisnis yang sangat kompetitif.
Jenis kemitraan yang pertama adalah Kemitraan Co-locator, di mana mitra dapat menyewa tempat untuk membuka bisnisnya di area SPBU Shell atau disebut bisnis NFR (Non-Fuel Retail).
Kedua adalah Kemitraan Retailer, di mana Shell memiliki aset dan membangun SPBU, namun dioperasikan oleh mitra pengelola.
Baca Juga: UKM Lorong Siap Jadi Motor Penggerak Ekonomi Kota Makassar
Skema ketiga adalah Kemitraan Dealer di mana mitra yang memiliki aset, membangun dan mengoperasikan SPBU dengan standar operasional Shell.
Untuk mendukung perkembangan bisnis para mitra, khususnya mitra co-locator, Shell memberikan dukungan dengan mempromosikan produk dari mitra co-locator di beberapa media promosi resmi Shell, seperti Instagram maupun aplikasi Shell Go+.
Salah satu mitra co-Locator yang sukses berbisnis dengan Shell adalah PT Pelopor Karya Boga dengan brand Summer Minibar.
Richard Theodore, CEO PT Pelopor Karya Boga, mengatakan bahwa saat ini outlet Summer Minibar sudah tersebar di tujuh SPBU Shell.
Baca Juga: KemenKopUKM Gandeng Dekranas Gelar Cerita Kriya Dorong Pengembangan UMKM Daerah
Co-locator Summer Minibar di SPBU Shell Veteran dan Co-locator Chatime, Cupbop dan Gindaco di SPBU Shell MT-Haryono 2
“Perkembangan outlet kami terus mengalami pertumbuhan sejak bergabung dengan program kemitraan co-locator Shell pada tahun 2021,” kata Richard.
Mitra co-locator lainnya, Sugiyanto Wibawa, Managing Director Kawan Lama Group (Chatime, Cupbop dan Gindaco) juga memberi pujian, skema co-locator yang ditawarkan Shell cocok untuk perusahaannya.
Hingga Agustus 2022, terdapat 155 tenant atau co-locator yang tersebar di 90 lokasi SPBU Shell di Jabodetabek, Bandung, Surabaya dan Medan.
Merek-merek yang menjadi mitra co-locator Shell di antaranya adalah Chatime, Cupbop, Gindaco, McD, KFC, Kopi Kenangan, Hotdog Booth, Summer Minibar, Flash Coffee, Baso Afung, Shihlin, dan masih banyak lagi.
Selain itu, hingga Agustus 2022, terdapat gabungan 90 retailer dan dealer yang menjalankan bisnis SPBU di 189 SPBU Shell yang tersebar di DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Informasi lebih lanjut mengenai Program Kemitraan Shell dapat dilihat di www.shell.co.id/shellcarimitra atau linktr.ee/shellcarimitra.
Baca Juga: Wali Kota Pontianak Sebut Pameran UMKM Dorong Pelaku Usaha Naik Kelas