Cara Hitung Rumus Rata-rata Excel yang Mudah Dilakukan dan Contohnya!

15 September 2022 10:50 WIB
Ilustrasi, cara hitung rumus rata-rata Excel dan contohnya
Ilustrasi, cara hitung rumus rata-rata Excel dan contohnya ( Unsplash)

Sonora.ID – Apakah kamu sedang mencari cara hitung rumus rata-rata Excel? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui caranya.

Excel adalah program pengolah berbasis angka berbentuk lembar kerja elektronik yang dikeluarkan Microsoft.

Program aplikasi ini digunakan dalam kegiatan perkantoran maupun instansi lainnya yang membutuhkan penghitungan dan pembuatan laporan secara komputerisasi.

Rumus rata-rata Excel adalah sebuah formula yang paling sering digunakan dalam perhitungan dasar.

Rumus rata-rata ini difungsikan untuk merekap suatu nilai, membuat laporan keuangan, atau mencari nilai tengah suatu bilangan.

Ada berbagai macam rumus rata-rata yang bisa kamu jadikan acuan dalam hal ini.

Baca Juga: 16 Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja, Catat Nih!

Lantas, apa saja dan bagaimana cara hitung rumus rata-rata Excel? Simak penjelasannya berikut ini!

Cara hitung rumus rata-rata Excel

Rumus rata-rata merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data. Dalam rumus rata-rata Excel dikenal adanya sintaksis atau cara penulisan fungsi Excel sebagai berikut:

  • AVERAGE, yaitu nama dari fungsi Excel untuk menghitung nilai rata-rata dari suatu kumpulan angka.
  • Angka 1, yaitu angka pertama yang wajib diisi dan merupakan referensi sel atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
  • Angka 2, sifatnya opsional, boleh diisi atau tidak. Angka ini merupakan angka tambahan lain atau rentang yang akan dihitung nilai rata-ratanya.
  • …, merupakan data selanjutnya yang bersifat opsional. Bagian ini bisa diisi dengan data hingga jumlah maksimal 255 sel.

Rumus menghitung rata-rata Excel

Rumus menghitung nilai rata-rata beberapa data angka atau bilangan pada kisaran sel tertentu dapat menggunakan fungsi AVERAGE. Berikut penulisannya:

=AVERAGE(angka1, [angka2],...)

Keterangan:

  • Angka 1 diisi dengan data pertama.
  • Angka 2 diisi dengan data kedua, dan seterusnya.

Ada dua cara mudah untuk menghitung nilai rata-rata di Excel. Berikut contoh penggunaan rumus hitung rata-rata menggunakan fungsi AVERAGE.

Contoh Penggunaan Rumus Hitung Rata-Rata di Baris Excel

Menghitung nilai rata-rata di baris Excel artinya data yang akan dicari dalam bentuk baris dari atas ke bawah. Contoh:

Seorang siswa ingin menghitung jumlah rata-rata dari 20, 30, 20, 10, 30, 10 dari kisaran sel A1-A7. Maka, cara hitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah baris baru untuk mengisi nilai rata-rata.
  2. Masukkan data angka yang ingin dihitung pada kolom A, tulis mulai dari A1-A7.
  3. Letakkan kursor ke baris nilai rata-rata kemudian ketikkan rumus rata-rata =AVERAGE(A1:A7) pada sel atau Formula Bar.
  4. Setelah itu, tekan tombol "Enter" pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Baca Juga: Anak Kost Suka Boros? Berikut Tips Mengelola Keuangan untuk Anak Kost

Contoh Penggunaan Rumus Hitung Rata-Rata di Kolom Excel

Pada umumnya, menghitung nilai rata-rata di kolom Excel tidak jauh berbeda dengan bentuk baris. Perbedaannya terletak pada posisi rumus yang harus diletakkan di bagian kolom baru. Contoh:

Seorang siswa ingin menghitung nilai rata-rata dengan data angka 35, 35, 67, 35, 35, 65 dari kisaran sel di C2 sampai G2. Maka, cara hitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah kolom baru untuk mengisi nilai rata-rata.
  2. Masukkan data angka yang ingin dihitung pada kolom C, D, E, F, G, tulis mulai dari C2 sampai G2.
  3. Ketikkan rumus rata-rata di baris baru =AVERAGE(C2:G2)
  4. Setelah itu, tekan tombol "Enter" pada keyboard untuk melihat hasilnya.

Cara Menghitung Rata-Rata Excel Manual 

Selain menggunakan fungsi AVERAGE, menghitung nilai rata-rata di Excel juga bisa dilakukan dengan cara manual.

Caranya, data angka yang ada dijumlahkan satu per satu dengan menggunakan operator plus (+).

Setelah diketahui jumlahnya, selanjutnya adalah membaginya dengan banyaknya data menggunakan simbol bagi, yaitu garis miring (/). Contoh:

Seorang siswa ingin menghitung nilai rata-rata dari data angka 10, 15, 20 dan 25. Maka, cara hitung nilai rata-rata di Excel secara manual adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah baris baru untuk mengisi nilai rata-rata.
  2. Masukkan data angka yang ingin dihitung pada sel tertentu, misalnya A1, A2, A3, dan A4.
  3. Setelah itu, jumlahkan angka tersebut dengan operasi hitung menggunakan rumus berikut =(A1+A2+A3+A4)/4.
  4. Setelah dituliskan rumusnya,t ekan tombol "Enter" pada keyboard untuk melihat hasilnya.
  5. Hasilnya akan diketahui kalau nilai rata-ratanya adalah 17,5.

Cara di atas biasa digunakan orang-orang yang belum memahami fungsi AVERAGE.

Itu dia cara hitung rumus rata-rata Excel yang bisa kamu coba gunakan, semoga bermanfaat!

Baca Juga: Microsoft Excel Jadi Cabang e-Sport Terbaru, Ada Kejuaraannya!

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm