Sonora.ID – Apakah kamu sedang mencari cara hitung rumus rata-rata Excel? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui caranya.
Excel adalah program pengolah berbasis angka berbentuk lembar kerja elektronik yang dikeluarkan Microsoft.
Program aplikasi ini digunakan dalam kegiatan perkantoran maupun instansi lainnya yang membutuhkan penghitungan dan pembuatan laporan secara komputerisasi.
Rumus rata-rata Excel adalah sebuah formula yang paling sering digunakan dalam perhitungan dasar.
Rumus rata-rata ini difungsikan untuk merekap suatu nilai, membuat laporan keuangan, atau mencari nilai tengah suatu bilangan.
Ada berbagai macam rumus rata-rata yang bisa kamu jadikan acuan dalam hal ini.
Baca Juga: 16 Rumus Excel yang Sering Digunakan dalam Dunia Kerja, Catat Nih!
Lantas, apa saja dan bagaimana cara hitung rumus rata-rata Excel? Simak penjelasannya berikut ini!
Cara hitung rumus rata-rata Excel
Rumus rata-rata merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung jumlah nilai sekelompok data yang dibagi dengan banyaknya data. Dalam rumus rata-rata Excel dikenal adanya sintaksis atau cara penulisan fungsi Excel sebagai berikut:
Rumus menghitung rata-rata Excel
Rumus menghitung nilai rata-rata beberapa data angka atau bilangan pada kisaran sel tertentu dapat menggunakan fungsi AVERAGE. Berikut penulisannya:
=AVERAGE(angka1, [angka2],...)
Keterangan:
Ada dua cara mudah untuk menghitung nilai rata-rata di Excel. Berikut contoh penggunaan rumus hitung rata-rata menggunakan fungsi AVERAGE.
Contoh Penggunaan Rumus Hitung Rata-Rata di Baris Excel
Menghitung nilai rata-rata di baris Excel artinya data yang akan dicari dalam bentuk baris dari atas ke bawah. Contoh:
Seorang siswa ingin menghitung jumlah rata-rata dari 20, 30, 20, 10, 30, 10 dari kisaran sel A1-A7. Maka, cara hitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:
Baca Juga: Anak Kost Suka Boros? Berikut Tips Mengelola Keuangan untuk Anak Kost
Contoh Penggunaan Rumus Hitung Rata-Rata di Kolom Excel
Pada umumnya, menghitung nilai rata-rata di kolom Excel tidak jauh berbeda dengan bentuk baris. Perbedaannya terletak pada posisi rumus yang harus diletakkan di bagian kolom baru. Contoh:
Seorang siswa ingin menghitung nilai rata-rata dengan data angka 35, 35, 67, 35, 35, 65 dari kisaran sel di C2 sampai G2. Maka, cara hitung rumus rata-rata Excel adalah sebagai berikut:
Cara Menghitung Rata-Rata Excel Manual
Selain menggunakan fungsi AVERAGE, menghitung nilai rata-rata di Excel juga bisa dilakukan dengan cara manual.
Caranya, data angka yang ada dijumlahkan satu per satu dengan menggunakan operator plus (+).
Setelah diketahui jumlahnya, selanjutnya adalah membaginya dengan banyaknya data menggunakan simbol bagi, yaitu garis miring (/). Contoh:
Seorang siswa ingin menghitung nilai rata-rata dari data angka 10, 15, 20 dan 25. Maka, cara hitung nilai rata-rata di Excel secara manual adalah sebagai berikut:
Cara di atas biasa digunakan orang-orang yang belum memahami fungsi AVERAGE.
Itu dia cara hitung rumus rata-rata Excel yang bisa kamu coba gunakan, semoga bermanfaat!
Baca Juga: Microsoft Excel Jadi Cabang e-Sport Terbaru, Ada Kejuaraannya!