Sonora.ID - Kopi Kenangan bukan gerai kopi yang asing di telinga masyarakat lantaran mudah di temui di berbagai kota di Indonesia.
Kopi Kenangan, menjadi salah satu unicorn terbaru di Indonesia tahun 2021 lalu.
Gerai kopi milik James Prananto itu hingga kini sudah mencapai 600 gerai lebih yang tersebar di berbagai kota.
Lantas, berapa dari mana saja sumber kekayaan James Prananto pemilik Kopi Kenangan?
Dari kesuksesannya mendirikan Kopi Kenangan bersama Edward Tirtanata, dan Cynthia Chaerunissa, James Prananto berhasil masuk daftar 30 under 30 Asia retail & e-commerce versi Forbes tahun 2019.
Baca Juga: 5 Fakta Hidup dan Profil James Prananto Pemilik Kopi Kenangan yang Pernah Masuk Forbes
Kopi Kenangan yang naik kelas menjadi unicorn tentu membuat kekayaan dari tiga pendiri perusahaan ikut meningkat.
Namun, masih belum diketahui secara pasti berapa kepemilikan saham dari masing-masing pendiri di Kopi Kenangan yang juga ikut didanai artis Hollywood Jay Z dan petenis profesional Serena Williams.
Berikut adalah sumber kekayaan dari tiga pendiri Kopi Kenangan yang mampu mentransformasi bisnisnya dalam waktu 4 tahun dan menjadi perusahaan rintisan paling berharga di Tanah Air.
1. Gerai Kopi Kenangan
Kopi Kenangan memiliki bisnis yang tersebar di 45 kota di Indonesia dan memiliki hingga 600 gerai.
Perusahaan menyebut pada tahun 2020 berhasil menjual 30 juta cangkir kopi kepada konsumen dan meningkat menjadi 40 juta cangkir di tahun 2021.
Perusahaan saat ini memiliki karyawan hingga 3.000 orang dan disebut telah masuk ke tahap profitabilitas, yang artinya tidak seperti perusahaan rintisan lain yang masih membukukan kerugian demi memperbesar skala bisnis, Kopi Kenangan malah mampu mencatatkan keuntungan.
Dalam pengumuman akhir tahun lalu, perusahaan mengharapkan dapat menjual 5,5 juta cangkir kopi per bulan pada kuartal pertama tahun ini.
Artinya, jika pun pertumbuhan stagnan Kopi Kenangan berambisi menjual 66 juta cangkir kopi tahun ini atau meningkat 65% dari tahun lalu.
2. Cerita Roti dan Chigo
Sumber kekayaan James dan kawan-kawan juga diperoleh dari bisnis baru yang dibangun perusahaan.
Kopi Kenangan diketahui telah melakukan ekspansi dan membangun bisnis baru antara lain Cerita Roti dan Chigo.
Kopi Kenangan telah membuka hampir 500 gerai Cerita Roti dan 40 gerai Chigo yang merupakan olahan roti dan ayam yang berlokasi paralel di gerai Kopi Kenangan.
3. Kenangan Manis
Kopi Kenangan terus memperluas jaringan serta jangkauan di bidang industri makanan di Indonesia. Pada 25 Oktober 2021, perusahaan meluncurkan sea salt soft baked cookies, yang diberi nama Kenangan Manis.
Baca Juga: Wow, Dari Jay-Z Hingga Serena Williams Suntik Dana ke Kopi Kenangan
Dalam enam bulan operasi perusahaan menyebut bahwa 2.000 keping berhasil dijual per hari dan tersedia di 110 outlet Kopi Kenangan Jabodetabek.
4. Kopi Kenangan kemasan botol
Untuk memperluas portofolio dan menjangkau lebih banyak pangsa pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen, Kopi Kenangan kembali melakukan ekspansi dan meluncurkan produk kopi kemasan siap minum, Kopi Kenangan Hanya Untukmu.
Diluncurkan pada 17 Januari 2022, Kopi Kenangan Hanya Untukmu menempatkan Kopi Kenangan sebagai coffee chain pertama dari Indonesia yang mengeluarkan produk kopi ready to drink.
Produk kemasan botol Kopi Kenangan ini menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan aksesibilitas mudah karena tersedia secara massif di supermarket dan minimarket seluruh Indonesia.