Sonora.ID – Adakalanya saat sedang melamar kerja, kita mendapatkan lebih dari satu penawaran kerja yang datang dari perusahaan yang berbeda.
Apalagi jika Anda memiliki berbagai pengalaman di bidang profesi yang dilamar, maka akan semakin tinggi juga kemungkinan untuk dipekerjakan di sebuah perusahaan.
Ada berbagai faktor yang dipertimbangkan sehingga membuat seseorang menolak tawaran kerja dari sebuah perusahaan.
Bisa jadi karena sudah mulai bekerja di tempat lain, penawaran gaji yang tidak sesuai, lokasi perusahaan yang terlalu jauh, dan masih banyak lagi.
Namun, sama seperti saat hendak melamar kerja, cara menolak tawaran kerja juga harus dilakukan secara baik dan profesional.
Baca Juga: 3 Contoh Daftar Riwayat Hidup Bagi yang Belum Pernah Bekerja
Sebab, sedikit banyak sikap yang akan kalian ambil akan memengaruhi reputasi diri kita. Cara menolak tawaran kerja yang sopan akan membuat kita lebih profesional.
Tapi tak usah khawatir, karena Sonora.ID telah merangkum 5 cara menolak tawaran kerja secara profesional, agar tak terkesan sombong.
Kirim Pesan Penolakan Tawaran Kerja Sesegera Mungkin
Biasanya tawaran kerja dikirim melalui email atau ada yang dihubungi secara langsung melalui sms kenomor pribadi atau ditelepon langsung.
Nah, jika kamu memang sudah matang akan keputusan untuk menolak tawaran tersebut, lebih baik kamu langsung membalas email dan sms atau menjawab langsung mengenai penolakan kamu ketika ditelpon ke perusahaan terkait.
Jangan membuat mereka menunggu lama, karena untuk seorang recruiter pekerjaan mereka adalah memenuhi target sesuai deadline, dengan kamu terlalu lama mengulur-ngulur waktu dalam memberikan keputusan itu akan membuat pekerjaan mereka pun menjadi lebih sulit lagi.
Karena setelah penolakan yang akan kamu berikan, dengan tengat waktu yang ada mereka harus mencari lagi kandidat baru dan harus melewati semua sesi perekrutan lagi dari awal seperti tes, wawancara, dan lain sebagainya.
Jangan menyulitkan dan membebani mereka, jika memang akan menolak tawaran kerja lakukan sesegera mungkin.
Ucapkan terima kasih untuk kesempatan yang telah diberikan
Menjadi seorang HR atau Recruiter tidaklah mudah, untuk itu hargai kerja keras mereka dengan mengucapkan terimakasih pada email balasan yang akan kamu kirim atau pesan dari nomor pribadi.
Dengan menggunakan bahasa yang baik dan sopan, setidaknya walaupun pesan utamanya adalah penolakan setidaknya kata terimakasih dan usaha kamu dalam menyampaikannya dengan baik bisa membuat para recruiter merasa dihargai.
Baca Juga: 10 Contoh Pertanyaan Interview User dan Tips Menjawabnya! 99% Lolos
Berikan Alasan yang Jelas dan Jujur
Jangan menghindari tawaran kerja yang akan kamu tolak hanya karena takut akan responnya, dan jangan juga memberikan alasan aneh dan tidak masuk akal ketika akan menolak tawaran kerja.
Yang perlu kamu ingat, dalam merekrut kamu mulai dari proses tes, wawancara sampai akhirnya ke tahap pengiriman tawaran kerja merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi seorang Recruiter.
Untuk itu, jika memang akan menolak tawaran kerja yang ada berikanlah alasan yang masuk akal, jelas dan jujur sebagai salah satu bentuk menghargai kerja mereka.
Jika memang kamu sudah terlanjur diterima di perusahaan lain maka sampaikan demikian, dan jika kamu memang merasa penawaran kerjanya kurang cocok dikamu maka jelaskanlah dengan jelas dari sisi mana.
Alasan yang jelas dan jujur yang disampaikan ini juga bisa menjadi sebagai bahan pembelajaran mereka dalam memperbaiki kontrak penawaran kerja yang ada.
Intinya alasan yang jelas, jujur dan disampaikan dengan cepat bisa membantu banyak pekerjaan dari Recruiter.
Pastikan Tidak Ada Salah Ketik atau Salah Eja
Jangan takut untuk menolak tawaran pekerjaan jika memang tidak sesuai dengan apa yang kamu harapkan.
Namun, kamu tentu tidak ingin meninggalkan kesan yang buruk di mata perekrut karena cara menolak tawaran kerja yang ceroboh atau tidak profesional.
Baca ulang draft email balasanmu lebih dulu sebelum buru-buru mengirimnya. Pastikan lagi apakah ada yang salah ketik, salah eja, kata-kata yang kurang pas.
Cek ulang juga apakah ejaan nama orang yang menawarkanmu pekerjaan sudah benar.
Baca Juga: 8 Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV, Supaya Terlihat Profesional
Contoh E-mail untuk Menolak Tawaran Kerja
1. Terima kasih Bapak/Ibu atas waktu dan kesempatan yang diberikan pada saya untuk mengikuti proses seleksi.
Mengenai tawaran pekerjaan yang diberikan, saya memohon maaf sedalam-dalamnya karena saya telah menerima tawaran pekerjaan di perusahaan lain dengan posisi yang sesuai dengan bidang ilmu saya.
Sekali lagi saya berterima kasih atas waktu yang diberikan. Besar harapan saya, semoga di lain waktu saya dapat berkontribusi aktif di perusahaan ini.
2. Terima kasih untuk kesempatan wawancara 3 hari yang lalu. Saya berterima kasih karena dapat melihat lebih jauh tentang semangat kerja di perusahaan ini melalui penjelasan Bapak/Ibu. Saya belajar banyak hal melalui pertemuan wawancara tersebut.
3. Saya sangat berterima kasih atas peluang dan tawaran posisi jabatan yang telah diberikan oleh pihak perusahaan kepada saya. Saya juga berterima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya untuk memberikan berbagai penjelasan mengenai perusahaan ini.
4. Yang terhormat Bapak Mikhael,
Terimakasih banyak telah menawarkan saya posisi Manajer Pemasaran pada PT. Beauty Inside. Walaupun ini merupakan keputusan yang sulit, saya telah menerima posisi tersebut pada perusahaan lain.
Saya menikmati wawancara dengan Anda dan sangat menghargai waktu yang telah diberikan untuk saya selama dua minggu terakhir.
Sekali lagi, terimakasih atas waktu dan pertimbangan Anda. Semoga sukses dan saya berharap kita bisa bertemu lagi di lain waktu.
Dengan hormat,
Debbyani Nurinda
Baca Juga: Perbedaan CV dan Resume dalam Melamar Kerja, Sering Dikira Sama!