Sonora.ID – Biasanya kita akan menggunakan Microsoft Word untuk mengolah dokumen, agar dokumen terlihat rapi, kita bisa mengatur spasi pada Word. Berikut ini cara mengatur spasi di Word.
Mengatur spasi di Word bisa membuat dokumen atau pekerjaanmu yang terdiri dari teks, tabel, gambar, atau elemen lainnya menjadi lebih rapi dan enak dipandang.
Selain mengatur spasi antar baris, kamu juga bisa mengatur spasi antar paragraf dan antar huruf atau karakter.
Lantas bagaimana cara mengatur spasi di Word? Simak penjelasannya berikut ini.
Line spacing atau spasi baris adalah jarak antar baris dalam sebuah paragraf. Berikut cara mengaturnya:
Pilih atau blok semua teks yang ingin kamu atur jarak spasinya.
Lalu, ke tab Home dan lihat bagian Paragraph, pilih Line and Paragraph Spacing.
Pilih jarak spasi yang kamu inginkan. Dimulai dari spasi tunggal atau 1.0 hingga jarak paling besar yaitu 3.0.
2. Cara mengatur spasi antar baris melalui Line Spacing Options
Pilih atau blok semua teks yang ingin kamu atur spasinya.
Di tab Home, pilih menu Line and Paragraph Spacing, setelah muncul pilihannya, klik Line Spacing Options.
Pada bagian Line Spacing, pilih spasi yang kamu inginkan. Terdapat beberapa pilihan antara lain spasi single, 1,5 lines, Double, At least, Exactly, dan Multiple. Kamu juga bisa memasukkan jarak spasi dengan angka di kolom At yang tersedia.
Berikut ini penjelasan mengenai pilihan spasi tersebut:
Single, memberikan jarak spasi 1 atau tunggal.
1,5, memberikan jarak spasi 1,5 pt, sama seperti yang terdapat di menu Line and Paragraph Spacing.
Double, memberikan jarak ganda atau 2 spasi, sama seperti spasi Double di menu Line and Paragraph Spacing.
At least, digunakan untuk menentukan nilai spasi minimum yang berisi elemen atau font pada baris tersebut. Satuan spasi at least adalah point (pt), sama seperti satuan font.
Multiple, spasi ini dapat digunakan untuk memasukkan nilai spasi selain pilihan di atas berdasarkan persentase yang ditentukan.Spasi multiple juga dapat memperkecil tinggi jarak baris atau spasi baris. Misalnya, kamu ingin mengatur jarak baris lebih kecil dari spasi tunggal atau single, maka kamu dapat menggunakan spasi multiple dan memasukkan angka 0,9 atau 0,8.
Kamu juga bisa mengatur spasi baris dengan mudah dengan menggunakan shortcut atau tombol pintasan. Caranya adalah sebagai berikut:
Pertama, blok atau pilih semua teks yang ingin kamu atur spasi barisnya.
Tekan tombol berikut untuk mengatur jarak baris yang kamu inginkan:
CTRL + 2 untuk spasi ganda atau dua spasi
CTRL + 5 untuk spasi 1,5
CTRL + 1 untuk spasi tunggal atau satu spasi
Jika kamu adalah pengguna mac, maka tombol Ctrl diganti dengan Command.
4. Cara mengatur spasi antar paragraf
Kamu bisa mengatur spasi antar paragraf yakni spasi sebelum paragraf atau sesudah paragraf. Kamu juga bisa menghapus spasi sebelum atau sesudah paragraf.
Cara menambah spasi sebelum atau sesudah paragraf
Pertama, blok atau pilih paragraf yang ingin diatur spasinya. Jika kamu ingin mengatur semua teks, maka klik Ctrl + A.
Di tab Home, klik menu Line and Paragraph Spacing
Pilih Add Space Before Paragraph dan spasi sebelum paragraf akan otomatis ditambahkan.
Pilih Add Space After Paragraph jika kamu ingin menambah spasi setelah paragraf
Cara menghapus spasi sebelum atau sesudah paragraf
Jika kamu ingin menghapus jarak atau spasi sebelum paragraf, berikut adalah langkah-langkahnya:
Pilih atau blok paragraf yang ingin di hapus spasinya. Jika ingin memilih semua teks, klik Ctrl + A.
Di tab Home, klik menu Line and Paragraph Spacing
Lalu, pilih Remove Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph, maka spasi yang ada sebelum atau sesudah paragraf akan otomatis terhapus.
Itu dia cara mengatur spasi di Word yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!