6 Contoh Strategi Pemasaran yang Harus Dicoba: Efektif untuk Meningkatkan Angka Penjualan Produk!

29 September 2022 15:15 WIB
Ilustrasi contoh strategi pemasaran yang harus dicoba
Ilustrasi contoh strategi pemasaran yang harus dicoba ( unsplash.com)

Sonora.ID - Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah 'Strategi Pemasaran' ketikan ingin menjual suatu produk ke konsumen.

Strategi pemasaran sendiri merupakan upaya keseluruhan dari bisnis untuk menjangkau target konsumen yang dianggap prospektif dalam bisnis.

Istilah ini harus bersifat panjang karena mencakup gambaran besar dari langkah-langkah yang akan diambil ketika ingin mendapatkan angka penjualan yang baik.

Maka dari itu, Anda wajib mengetahui 6 contoh strategi pemasaran yang harus dicoba berdasarkan laman Gramedia berikut ini:

1. Pemasaran Transaksional

Anda bisa memanfaatkan strategi pemasaran transaksional untuk meningkatkan penjualan dari produk yang Anda tawarkan kepada konsumen.

Baca Juga: 10 Contoh Deskripsi Diri dalam CV: Simak Biar Cepat Dapat Kerja!

Jenis pemasaran ini akan memanfaatkan diskon, kupon belanja, promosi, dan hal-hal menarik lainnya yang bisa mencuri perhatian konsumen untuk membeli produk Anda.

Strategi pemasaran transaksional ini dinilai cukup efektif karena bisa meningkatkan penjualan dan minat konsumen kepada produk yang ditawarkan.

2. Pemasaran Iklan Berbayar

Meskipun harus mengeluarkan modal, jenis pemasaran iklan berbayar dapat Anda gunakan sebagai strategi pemasaran yang cukup efektif.

Dengan iklan berbayar, Anda dapat menampilkan produk yang ditawarkan melalui display, pay-per-click, atau pay-per-impression.

Jenis pemasaran ini bisa membuat produk Anda menyentuh target konsumen yang lebih luas, terlebih ketika menggunakan iklan berbayar pada media digital.

3. Pemasaran Interaktif

Strategi pemasaran interaktif akan melibatkan konsumen secara langsung, sehingga mereka akan ikut serta dalam proses pemasaran dari produk.

Anda bisa menggunakan nama dari konsumen tersebut pada produk yang ditawarkan dengan cara kustomisasi untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan.

4. Pemasaran Media Sosial

Baca Juga: Luar Biasa! Ini Kisah Hardyanto, Bekas Pemulung yang Kini Punya Usaha Modifikasi Mobil Mewah!

Kini, media sosial menjadi salah satu hal yang paling banyak digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat di dunia.

Ini membuat Anda dapat memanfaatkan pemasaran media sosial untuk meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan pada konsumen.

Anda dapat menggunakan lapak marketplace pada beberapa platform media sosial, seperti Facebook, untuk mencapai target konsumen yang luas.

5. Search Engine Optimization (SEO)

SEO menjadi strategi pemasaran yang kini sedang banyak diminati oleh bisnis yang bergerak dalam bidang media.

Menggunakan jenis pemasaran ini bisa meningkatkan traffic dari suatu website, sehingga para investor atau penyalur iklan pun tertarik untuk membayar website Anda sebagai lapak promosi.

6. Pemasaran Konten

Pemasaran konten pun menjadi salah satu strategi pemasaran yang bisa Anda gunakan untuk menarik perhatian para konsumen.

Melalui konten tersebut, Anda bisa memberikan informasi-informasi penting terkait produk Anda dan diunggah melalui media sosial, seperti TikTok.

Dengan begitu, informasi dari barang Anda pun akan tersebar luas dan mampu meningkatkan minat para target pasar dari produk Anda.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm