Sonora.ID - Guna memperbesar kemungkinan karier agar sukses, berikut adalah beberapa soft skill yang harus dimiliki dan dikuasai semua orang.
Seiring berjalannya waktu, dunia kerja semakin menuntut setiap orang untuk memilki keunggulan sebanyak mungkin ketimbang yang lain.
Pasalnya, di dunia modern seperti sekarang, selain jumlah tenaga kerja yang terus menumpuk tak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang kurang memadai, berbagai posisi pekerjaan mengharuskan para kandidat untuk memiliki berbagai jenis keterampilan.
Hal tersebut, terutama, dilatarbelakangi oleh budaya kerja dunia hari ini yang makin ke sini makin mengarah ke kerja kolaboratif.
Lewat kerja kolaboratif, perusahaan-perusahaan percaya bahwa target mereka dapat lebih mudah tercapai ketimbang lewat kerja individual.
Dalam nuansa kerja kolaboratif semacam ini, para kandidat diharuskan untuk memiliki soft skill yang dapat diandalkan.
Dalam dunia kerja, soft skill dapat diartikan sebagai kemampuan terkait kepribadian, karakter, dan atribut seseorang yang berpengaruh terhadap cara seseorang bekerja dan bagaimana dia berinteraksi dengan orang lain.
Ketika seseorang memiliki soft skill yang bervariasi sekaligus dapat diandalkan, ia punya peluang lebih besar untuk menjalani karier yang sukses di masa depan.
Baca Juga: Sambut Globalisasi Masyarakat Perlu Meningkatkan Soft Skill
Adapun beberapa jenis soft skill yang harus dimiliki agar seseorang semakin berpotensi untuk sukses di masa depan ialah sebagai berikut.
1. Komunikasi
Kita paham bahwa semua orang dapat berbicara. Namun, kemampuan komunikasi yang baik hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu.
Dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi yang baik akan sangat bermanfaat terhadap berbagai proses negosiasi, lobi-lobi, kerja sama, dan mengungkapkan pendapat.
Kelancaran dalam berbagai proses tersebut akan sangat menunjang perkembangan karier seseorang ketimbang mereka yang cenderung pendiam dan tak mudah bersosialisasi.
2. Public Speaking
Masih berkaitan dengan kemampuan komunikasi, skill public speaking dalam dunia kerja sangat dibutuhkan terutama dalam pekerjaan yang melibatkan interaksi dengan orang banyak.
Ketika seseorang punya kemampuan dan kepercayaan diri untuk berbicara di depan umum, dia sejurus bakal tampak lebih menonjol ketimbang banyak orang yang lain.
Dengan posisi menguntungkan semacam ini, akan sangat mudah bagi seseorang yang punya kemampuan public speaking yang baik mengembangkan kariernya, bahkan mendapat jabatan yang jauh lebih tinggi.
Baca Juga: Menjadi SDM yang Unggul dengan Memperhatikan Performance dan Attitude
Penyebabnya, tentu, adalah lantaran kemampuan public speaking ialah modal utama bagi mereka yang ditunjuk untuk memimpin sebuah tim.
3. Adaptasi
Kemampuan adaptasi merujuk pada kepiawaian seseorang untuk menyesuaikan diri dan mengikuti ritme atau budaya kerja dari lingkungan tempat ia bekerja.
Dengan kemampuan adaptasi yang baik, seseorang akan mampu menikmati pekerjaannya, selain juga mudah untuk diajak kerja sama.
Kemampuan adaptasi juga memungkinkan seseorang untuk mampu bekerja semaksimal mungkin sehingga mampu mencapai target.
4. Pemikiran Kritis
Para pemimpin, orang besar, juga bos perusahaan adalah mereka yang selalu memberi kritik terhadap hal-hal yang salah atau perlu diluruskan.
Tabiat semacam itu memang hanya dimiliki oleh orang-orang yang punya cikal bakal kesuksesan.
Selain memberi kesan kemampuan kepemimpinan yang tinggi, pemikiran kritis juga bakal membuat seseorang tampak lebih menonjol ketimbang kebanyakan orang.
Baca Juga: Penting! Softskill yang Harus Dimiliki Millenial Dalam Membangun Karir
Tak ayal, atas alasan-alasan itu, orang yang selalu berpikir kritis punya peluang untuk jauh lebih sukses ketimbang yang lain.
5. Manajemen Konflik
Dalam dunia kerja, banyak hal berjalan tak sesuai dengan rencana sehingga menciptakan konflik antaranggota.
Itulah sebabnya, manajemen konflik adalah salah satu soft skill paling penting bagi seseorang yang mau mengembangkan kariernya lebih cepat ketimbang yang lain.
Lewat manajemen konflik atau kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik, seseorang akan dipandang patut untuk memimpin sebuah tim, sebab ia terbukti mampu mengontrol situasi dan menguasai keadaan guna menciptakan iklim kerja yang lebih sehat dan produktif.
Maka, tak heran bila seseorang yang punya kemampuan manajemen konflik bakal selalu dilirik atasan untuk dinaikkan pangkat atau jabatannya.
Demikian penjelasan mengenai beberapa soft skill yang harus dimiliki tiap orang agar kariernya sukses sebagaimana di atas. Semoga bermanfaat.
Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Apa itu Soft Skill?