Sonora.ID - Seorang manajer restoran bisa sangat fokus pada akuntansi restoran dan KPI restoran mana yang harus disertakan dalam strategi pemasaran restoran mereka sehingga mereka kehilangan gambaran yang lebih besar.
Anda harus memperkecil dan melihat kekuatan dan kelemahan fundamental bisnis Anda jika dibandingkan dengan pesaing dan harapan pelanggan.
Ini satu-satunya cara Anda dapat memposisikan diri Anda untuk kesuksesan jangka panjang.
SWOT adalah singkatan dari strengths, weaknesses, opportunities, dan threats yang jika diterjemahkan berarti kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman,
Begitulah cara bisnis memperkecil untuk melihat posisi mereka dalam lingkungan komersial yang lebih besar.
Baca Juga: Ketahui 5 Tren Digital Bidang Kesehatan yang Ada di Smart Hospital
Contoh Analisis SWOT untuk bisnis kuliner
Pertimbangkan restoran fusion Korea-Meksiko hipotetis. Dua minggu sebelum manajemen berkumpul untuk mengumpulkan analisis SWOT mereka, para manajer yang berpartisipasi diminta untuk mengumpulkan wawasan dari pelanggan, ulasan, dan pesaing sebaik mungkin.
Selama pertemuan, kelompok melakukan brainstorming setiap bagian bersama-sama.
Berikut contoh analisis SWOT usaha makanan:
Kekuatan | Menu unik |
Layanan | Mengedepankan pelanggan |
Suasana | Eklektik dan populer |
Kelemahan | Porsi kecil Tidak ada parkir khusus |
Konsep | Tidak ada tempat duduk di luar ruangan |
Peluang | Menu vegetarian Pilihan "Daging ganda" untuk porsi lebih besar Pilihan lauk lainnya |
Ancaman | Restoran Korea baru dibuka di lingkungan Tren budaya keseluruhan jauh dari item menu yang banyak daging |
Contoh analisis SWOT usaha makanan kedua:
Misalnya, jika pesaing utama Anda adalah restoran Prancis yang terletak dalam radius 5 mil dari lokasi Anda, analisis SWOT dapat dilakukan dengan cara seperti ini:
S - Kekuatan: Mengapa orang makan di restoran ini daripada restoran Prancis lainnya di kota? Bisa jadi karena rasa otentik makanannya, atau kemampuannya untuk menghibur para tamu .
Membaca beberapa ulasan di TripAdvisor adalah cara yang bagus untuk mengetahui mengapa pelanggan suka mengunjungi restoran tertentu.
W - Kelemahan: Di mana perjuangan restoran ini dibandingkan dengan yang lain? Mungkin menunya hanya memiliki satu pilihan untuk vegetarian.
Baca Juga: Mudah Dilakukan! Ini 6 Cara Menjadi Dropshipper untuk Pemula
Atau mungkin gagal melibatkan pengunjung milenial dengan kampanye Snapchat yang dijalankan dengan buruk.
O - Peluang: Menurut Anda tindakan apa yang dapat dilakukan restoran ini untuk meningkatkan brandingnya, memperluas target pasarnya, dan/atau meningkatkan operasinya? Mungkin hanya perlu mengubah menu untuk memasukkan beberapa makanan pembuka lagi.
T - Ancaman : Ini mengacu pada faktor eksternal yang berada di luar kendali pesaing Anda dan dapat menempatkan profitabilitas dan omset mereka dalam risiko.
Misalnya, penurunan ekonomi mungkin telah menyebabkan orang mencari alternatif restoran Prancis yang terjangkau.
Demikian adalah contoh analisis usaha makanan yang bisa Anda terapkan pada bisnis Anda. Semoga bermanfaat.