Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya

2 November 2022 19:55 WIB
Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya
Pasar Oligopoli: Pengertian, Ciri Ciri dan Contohnya ( pixabay)

Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa pengertian pasar oligopoli serta ciri ciri dan contohnya.

Pengertian Pasar Oligopoli

Menurut Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pasar oligopoli adalah keadaan pasar dengan produsen pembekal barang hanya berjumlah sedikit, sehingga mereka dapat memengaruhi harga pasar atau keadaan pasar yang tidak seimbang karena dipengaruhi oleh sejumlah pembeli.

Selain itu pengertian pasar oligopoli yang dikutip dari kompas.com, ialah pasar dengan hanya satu produsen atau perusahaan. Pasar duopoli adalah pasar yang dikuasai dua perusahaan. Sedangkan pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasasi oleh dua perusahaan atau lebih.

Maka bisa diartikan bahwa pasar oligopoli merupakan jenis pasar yang memiliki jumlah produsen dan konsumen yang tidak seimbang. Umumnya, jumlah produsen lebih sedikit dibandingkan konsumennya.

Baca Juga: 3 Jenis Kegiatan Ekonomi dan Contohnya: Materi Ekonomi Kelas 10 SMA

Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

  1. Terdiri dari dua perusahaan atau lebih

Ciri pertama dari pasar oligopoli adalah terdiri dari dua perusahaan atau lebih. Pasar oligopoli baru bisa terwujud apabila jumlah perusahaan atau produsen kurang dari 10 persen.

  1. Produk yang diperjualbelikan biasanya bersifat homogen

Ciri kedua dari pasar oligopoli adalah produk-produk yang diperjualbelikan atau diperdagangkan bersifat homogen. Produsen biasanya hanya memproduksi dan menjual satu produk saja.

  1. Harga antar produk hampir sama

Ciri berikutnya dari pasar oligopoli adalah harga produk yang relatif sama. Barang atau jasa yang ada di pasar oligopoli ini harganya tidak berbeda jauh atau bisa dibilang hampir sama.

Baca Juga: 3 Pembagian Ilmu Ekonomi Serta Cabang-Cabangnya

  1. Membutuhkan strategi pemasaran yang matang

Ciri selanjutnya dari pasar oligopoli adalah strategi pemasaran yang matang. Dalam pasar oligopoli, persaingan akan semakin ketat karena produsen yang bermain sangat sedikit dan produk atau barang yang dihasilkan menjadi sedikit juga.

  1. Suatu aturan dari sebuah perusahaan atau produsen dapat memengaruhi produsen lainnya

Adanya pengaruh terhadap produsen lain yang disebabkan karena kebijakan produsen utama menjadi ciri-ciri oligopoli. Di dalam pasar oligopoli, produsen utama bisa dikatakan sebagai penentu kebijakan.

  1. Produsen baru akan kesulitan masuk ke pasar oligopoli

Ciri berikutnya dari pasar oligopoli adalah produsen baru akan sulit masuk ke pasar oligopoli. Sehingga tak sedikit produsen baru mempersempit pasar, keuntungan kecil, atau bahkan mengalami kebangkrutan.

Baca Juga: Sistem Ekonomi Komando: Lengkap Ciri Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Contoh Pasar Oligopoli

Berikut adalah beberapa contoh pasar oligopoli yang bisa kita temukan:

  • Perusahaan rokok
  • Industri jasa penerbangan
  • Industri kendaraan bermotor
  • Perusahaan semen
  • Pabrikan handphone
  • Operator telekomunikasi
  • Produsen mi instan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm