Sonora.ID – Kop surat adalah salah satu bagian penting dalam membuat surat resmi, baik surat dari suatu perusahaan, instansi, hingga sekolah. Simak cara membuat kop surat di Word berikut ini!
Microsoft Word memudahkan kita untuk mengolah kata atau data yang ideal untuk membuat surat.
Jika surat bersifat resmi dan ditujukan untuk pihak luar, maka sebaiknya surat tersebut ditambahkan kop atau kepala surat.
Kop surat berfungsi untuk memudahkan penerima surat, sehingga mereka bisa mengetahui siapa yang mengirim surat tersebut.
Oleh karena itu kop surat wajib menyertakan nama, logo, alamat lengkap, nomor telepon, email, dan website resmi jika ada.
Pembuatan kop surat di Microsoft Word bisa dilakukan dengan dua cara, dengan cara manual dan otomatis.
Berikut ini cara membuat kop surat di Word!
Baca Juga: 9 Contoh Kop Surat Resmi hingga Kreatif, Lengkap dengan Struktur
Cara membuat kop surat di Word secara manual
Cara manual berarti kop surat ditulis dan diketik secara manual, begitu juga dengan pengaturan tata letak elemen lain.
Misalnya logo perusahaan maupun simbol telepon ketika ingin memasukan unsur nomor telepon perusahaan.
Proses ini cukup panjang, namun jika sudah terbiasa maka dijamin proses pembuatan kop surat hanya memakan waktu beberapa menit saja. Berikut detail langkah-langkahnya.
Baca Juga: 5 Ciri Ciri Surat Dinas Lengkap dengan Struktur, Fungsi dan Contohnya
Cara membuat kop surat di Word secara otomatis
Cara kedua dalam cara membuat kop surat di Word adalah dengan cara otomatis. Caranya sendiri tentu lebih mudah, sebab sudah tersedia template dan tinggal mengetik unsur apa saja yang akan dimasukan ke dalam kop surat tersebut. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Itu dia dua cara membuat kop surat di Word yang bisa kamu pilih. Pada dasarnya kedua cara di atas sama baiknya dan sama efektifnya.
Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.