Unsur-Unsur Iklan Beserta Ciri-ciri dan Jenisnya

11 November 2022 18:35 WIB
ilustrasi, Unsur-Unsur Iklan Beserta Ciri-ciri dan Jenisnya
ilustrasi, Unsur-Unsur Iklan Beserta Ciri-ciri dan Jenisnya ( Pexels)

Sonora.ID - Salah satu media promosi yang sering digunakan adalah iklan. Kali ini akan diulas terkait pengertian, unsur-unsur iklan beserta ciri-ciri dan jenisnya.

Iklan bisa dengan mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, baik ketika melintas di jalan hingga melihatnya di media sosial.

Salah satu tujuan suatu produk atau jasa diiklankan agar lebih dikenal oleh calon pembeli.

Dengan adanya iklan juga bisa menjadi media marketing yang menguntungkan.

Lantas apa saja unsur-unsur iklan? Berikut ulasan selengkapnya beserta pengertian, ciri-ciri dan jenisnya.

Baca Juga: Unsur Iklan Elektronik di Berbagai Media, Materi Tematik Kelas 5 SD

Pengertian Iklan

Iklan adalah pemberitahuan mengenai suatu barang atau jasa kepada masyarakat umum. 

Pemberitahun dilakukan agar orang lain tertarik untuk membeli dan menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan. Demikian definisi iklan dikutip dari Buku Mandiri Belajar Tematik SD/MI Kelas 5 Semester 2 oleh Nidaul Janah (2021).

Pihak pengiklan dapat menyampaikannya melalui media cetak maupun media elektronik.

Ciri-ciri Iklan

Suatu iklan memiliki ciri-ciri tertentu yang mudah diketahui, antara lain:

1. Terdiri dari kata-kata singkat

Sebuah iklan biasanya terdiri dari kata-kata singkat namun tetap sopan, logis, serta menarik.

Seorang pengiklan harus kreatif untuk menyusun kata-kata yang singkat namun bisa membuat orang tertarik.

2. Memilih diksi yang bersifat sugesti

Ciri iklan selanjutnya adalah menggunakan diksi yang bersifat sugesti dan mempengaruhi orang lain.

Diksi ini berupa ajakan kepada masyatkat secara langsung ataupun tidak langsung.

3. Bersifat Informatif

Ciri lainnya dari suatu iklan adalah harus informatif atau menonjolkan informasi.

Informasi ini bisa berupan produk atau jasa terkait atau pesan moral yang ingin disampaikan.

4. Memiliki Target

Suatu iklan juga biasanya dibuat dengan target sasaran tertentu.

Misalnya, produk make up yang ditujukan untuk remaja atau wanita dewasa.

Baca Juga: Bagaimana Fungsi Iklan Bagi Pemerintah dan Perusahaan?

Jenis-jenis Iklan

Sebelum mengetahui apa saja unsur-unsur iklan, perlu juga diketahui berbagai jenis iklan yang dikenal.  

Berdasarkan fungsinya, iklan dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu:

  • Iklan pemberitahuan (pengumuman). Jenis iklan ini ditujukan untuk menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi atau pemberitahuan. Contohnya iklan berita duka cita dan iklan reuni alumni sekolah.
  • Iklan penawaran (niaga). Iklan ini ditujukan untuk menawarkan suatu barang atau jasa kepada masyarakat. Contohnya: iklan penawaran barang/produk, misal iklan sepatu, pakaian, motor, dan sebagainya.
  • Iklan penawaran jasa, misal iklan jasa ojek online, iklan klinik atau tempat pengobatan, iklan jasa pengantaran barang, dan sebagainya.
  • Iklan layanan masyarakat. Iklan ini berupa imbauan kepada masyarakat dan biasanya dimuat oleh instansi atau lembaga pemerintah, dan organisasi nonprofit seperti lembaga swadaya masyarakat. Contohnya iklan Keluarga Berencana (KB), iklan hemat listrik, dan sebagainya. 

Unsur-unsur Iklan

Dikutip Gramedia, suatu iklan harus memenuhi unsur-unsur tertentu agar dapat diperhatikan dan menarik bagi konsumen.

Berikut beberapa unsur pada iklan yang perlu diperhatikan:

1. Berupa kalimat deskriptif dan Persuasif

Kalimat deskriptif merupakan suatu kalimat yang berfungsi menjelaskan suatu produk atau jasa. Agar menarik, suatu iklan harus disusun dengan kalimat deskriptif agar tidak berkesan bertele-tele. Kalimat deskriptif perlu disusun dengan sangat efisien, sehingga tidak menimbulkan kesan bertele-tele.

Unsur iklan lain yang tak kalah penting adalah mengandung kalimat persuasif. Hal ini agar sasaran konsumen bisa tertarik untuk menggunakan suatu produk maupun layanan yang sedang diiklankan.

2. Menarik Perhatian

Unsur-unsur iklan selanjutnya adalah mengandung perhatian atau attention.

Sebuah iklan dikatakan berhasil ketika bisa menarik perhatian banyak orang.

Hal ini membuat pembuat iklan harus memiliki ide kreatif agar jasa atau produknya diminati.

3. Menarik Minat

Setelah masyarakat tertarik, langkah selanjutnya adalah membuat iklan diminati atau diinginkan oleh konsumen.

Konsumen menjadi tertarik untuk mencari atau membeli/menggunakan produk atau jasa tersebut.

4. Menggerakkan Keinginan

Unsur iklan selanjutnya adalah yang mampu menggerakkan hati atau calon konsumen.

Hal ini berkaitan dengan segmen serta preferensi dari masyarakat yang dijadikan sebagai target market atau sasaran iklan.

5. Rasa Percaya Calon Konsumen

Rasa percaya calon konsumen adalah unsur yang tak kalah penting.

Kepercayaan calon konsumen menjadi hal penting ketika hendak membuat iklan.

Produk atau jasa haruslah sesuai dengan klaim dan kenyataan dan tidak berlebihan.

Tidak boleh ada unsur menipu atau membohongi.

Demikian ulasan mengenai unsur-unsur iklan lengkap dengan pengertian, ciri-ciri dan jenisnya. Semoga bermanfaat.

Baca berita update lainnya dari Sonora.ID di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm