Sonora.ID- Berikut ini adalah ulasan tentang apa saja yang menjadi masalah pokok ekonomi modern.
Pada masa yang penuh ketidak pastian seperti saat ini, masalah ekonomi menjadi sesuatu yang perlu di waspadahi.
Dilansir dari kompas.com, masalah ekonomi adalah persoalan yang timbul akibat keterbatasan sumber daya dan keahlian manusia.
Dapat dikatakan bahwa salah satu inti dari masalah ekonomi adalah kelangkaan.
Kelangkaan tersebut merupakan kondisi dimana kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan tersebut terbatas.
Baca Juga: Simak 5 Bentuk Ancaman di Bidang Ekonomi di Indonesia
Sehingga menurut beberapa ahli masalah ekonomi bisa ditarik dari dua garis besar, yaitu masalah pokok ekonomi klasik serta modern.
Lantas apa saja yang menjadi masalah pokok ekonomi modern tersebut? Dilansir dari kompas.com, simak ulasannya berikut ini:
Menurut Subhan Purwadinata dalam bukunya yang berjudul Pengantar Ilmu Ekonomi (2020), masalah ekonomi modern yang pertama berkaitan dengan keterbatasan sumber daya, produsen harus menentukan jenis dan jumlah barang yang akan diproduksi.
Tentunya pilihan ini didasarkan pada hal yang menurut mereka paling menguntungkan atau memberi manfaat besar.
Jika produsen sudah tahu barang apa yang akan diproduksi, permasalahan berikutnya adalah jumlah. Mereka harus menentukan jumlah produksi, mengingat terbatasnya sumber daya alam maupun keahlian manusia.
Baca Juga: Mengapa Faktor Ekonomi Menjadi Penghambat Mobilitas Sosial?
Masalah pokok ekonomi modern yang kedua, yakni bagaimana cara memproduksinya.
Apabila produsen sudah tahu apa dan berapa banyak barang yang akan diproduksi, timbul permasalahan lainnya, yaitu bagaimana cara memproduksinya.
Contohnya mesin berteknologi canggih mampu mempercepat proses produksi, namun butuh biaya besar.
Permasalahan seperti itulah yang harus mampu dijawab serta diatasi dengan baik oleh produsen.
Baca Juga: 10 Manfaat Kerjasama Ekonomi Internasional Bagi Negara
Masalah pokok ekonomi modern yang ketiga adalah untuk siapa barang produksinya ditujukan.
Sangat penting bagi produsen untuk mengetahui serta menentukan siapa sajakah yang akan menggunakan produknya.
Contoh, produsen menentukan bahwa target pasar produknya adalah semua kalangan, mulai dari kalangan bawah, menengah, hingga atas.
Masalah ekonomi modern ini berhubungan dengan biaya produksi, harga jual, serta kualitas barangnya.