Ilustrasi Pengertian Reklame dengan Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh (
Freepik.com)
Sonora.ID - Ketika sedang berada di tempat umum yang ramai, kamu pasti akan menemukan berbagai papan yang berisi merek produk atau jasa tertentu, menawarkan tawaran yang menggiurkan seperti diskon atau promo.
Papan-papan tersebut sengaja diletakkan pada daerah yang ramai sehingga banyak orang yang tahu akan brand atau merek tersebut.
Dikutip dari Gramedia.com, reklame adalah cara mudah untuk meningkatkan daya tarik produk dan sebuah layanan.
Sedangkan, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan dengan kata-kata yang menarik dan dengan gambar, supaya laku.
Atau dengan kata lain, reklame adalah iklan.
Jadi, reklame dapat diartikan sebagai istilah yang digunakan dalam teknik untuk mempromosikan produk dan layanan dengan font dan gambar yang menarik.
Menggunakan gambar yang menarik. Biasanya menggunakan gambar yang eye catching agak banyak orang yang melihatnya.
Kalimat singkat, jelas, dan mudah dimengerti.
Informasi jujur.
Dilakukan berulang-ulang. Memasang reklame hanya sekali akan mengurangi jangkauan mereka yang mengetahui produk yang ditawarkan.
Tujuan reklame
Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini beberapa tujuan reklame.
Reklame Komersial, untuk mempromosikan produk atau layanan yang terdaftar.
Reklame Non-Komersial, untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi pemiliknya. Sesuai dengan namanya, bentuk reklame ini tidak ada hubungannya dengan komersialisasi.