Pengertian Reklame dengan Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh, Lengkap!

18 November 2022 13:00 WIB
Ilustrasi Pengertian Reklame dengan Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh
Ilustrasi Pengertian Reklame dengan Ciri-ciri, Tujuan, dan Contoh ( Freepik.com)

Sonora.ID - Ketika sedang berada di tempat umum yang ramai, kamu pasti akan menemukan berbagai papan yang berisi merek produk atau jasa tertentu, menawarkan tawaran yang menggiurkan seperti diskon atau promo.

Papan-papan tersebut sengaja diletakkan pada daerah yang ramai sehingga banyak orang yang tahu akan brand atau merek tersebut.

Papan itu adalah papan reklame.

Apa itu reklame?

Dikutip dari Gramedia.com, reklame adalah  cara mudah untuk meningkatkan daya tarik  produk dan sebuah layanan.

Sedangkan, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, reklame adalah pemberitahuan kepada umum tentang barang dagangan dengan kata-kata yang menarik dan dengan gambar, supaya laku.

Atau dengan kata lain, reklame adalah iklan.

Jadi, reklame dapat diartikan sebagai istilah yang digunakan dalam teknik untuk  mempromosikan  produk dan layanan dengan font dan gambar yang menarik.

Baca Juga: Jenis-jenis Reklame Berdasarkan Tujuan, Sifat dan Medianya, Lengkap dengan Contoh

Ciri-ciri reklame

  1. Menggunakan gambar yang menarik. Biasanya menggunakan gambar yang eye catching agak banyak orang yang melihatnya.
  2. Kalimat singkat, jelas, dan mudah dimengerti.
  3. Informasi jujur.
  4. Dilakukan berulang-ulang. Memasang reklame hanya sekali akan mengurangi jangkauan mereka yang mengetahui produk yang ditawarkan. 

Tujuan reklame

Masih dikutip dari sumber yang sama, berikut ini beberapa tujuan reklame.

  1. Reklame Komersial, untuk mempromosikan produk atau layanan yang terdaftar. 
  2. Reklame Non-Komersial, untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan bagi pemiliknya. Sesuai dengan namanya, bentuk reklame ini tidak ada hubungannya dengan komersialisasi.

Baca Juga: Reklame di Jalan Somba Opu Makassar Dibongkar Paksa

Contoh reklame

  1. Advestensi, biasanya disebarluaskan di media cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan lain-lain.
  2. Baliho, cenderung adalah reklame outdoor yang biasanya diletakkan di tempat yang terdapat banyak orang.
  3. Brosur, biasanya menggunakan kekuatan kata-kata dengan menggunakan media lembaran kertas yang dibagikan pada orang banyak.
  4. Buklet, menyerupai buku dengan jumlah halaman lebih dari dua lembar.
  5. Embalase, terdapat pada kemasan benda yang diperdagangkan atau pembungkus suatu barang. 
  6. Etalase atau show window, biasanya diletakkan di bagian depan toko.
  7. Etiket, jenis reklame yang berupa nama pada suatu barang atau jasa dengan disertai keterangan lengkap dan menarik.
  8. Label, jenis reklame yang dipasang pada benda dan ditempel atau digantungkan sebagai cap atau merek dagang beserta harganya.
  9. Papan nama, ditulis pada papan (nama toko, perusahaan, sekolah, kantor, dan lain-lain).
  10. Poster, berbentuk gambar atau tulisan berukuran besar.
  11. Spanduk, berupa gambar dan huruf yang dituangkan di atas kain panjang.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Baca Juga: Unsur-Unsur Iklan Beserta Ciri-ciri dan Jenisnya

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm