Sonora.ID - Ketika melamar pekerjaan, Anda pasti membutuhkan surat lamaran yang menjadi salah satu bagian syarat administratif penting.
Hal ini membuat Anda harus bisa menyiapkan bagian administratif tersebut sebaik mungkin agar dilirik oleh pihak HR dari suatu instansi.
Untuk bisa membuat surat lamaran pekerjaan yang baik, Anda wajib mengetahui strukturnya supaya tidak salah saat menulisnya.
Berikut Sonora ID bagikan struktur surat lamaran pekerjaan yang dirangkum langsung dari laman Adjar ID.
1. Tempat dan Tanggal
Tempat dan tanggal dapat ditulis di bagian pojok kanan atas dan tidak perlu menulis titik dua setelahnya.
Baca Juga: Kumpulan Contoh Teks MC dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Struktur dan Arti
Hal ini karena tempat dan tanggal termasuk sebagai kalimat, bukan suatu frasa saja.
2. Hal dan Lampiran
Bagian hal dan lampiran dapat Anda tulis di bagian kiri dari surat lamaran pekerjaan yang akan Anda ajukan.
'Hal' dapat ditulis tentang lamaran pekerjaan, sedangkan 'Lampiran' berisikan dengan jumlah dokumen yang tertera pada surat lamaran Anda.
3. Alamat Surat
Anda harus menulis alamat surat dengan sangat jelas agar tidak keliru untuk pihak yang menerimanya.
Dalam penulisannya, Anda tidak boleh menyingkat-nyingkat kata karena bisa menyebabkan keambiguan.
Selain itu, pastikan Anda sudah menulis nama penerima dengan lengkap dan jabatan yang sebenar-benarnya.
4. Salam Pembuka
Baca Juga: Syarat dan Cara Mengurus Surat Numpang Nikah, Mudah Ternyata
Dalam menulis surat lamaran pekerjaan, Anda harus menaruh salam pembuka di bagian awal sebelum masuk ke dalam isi surat.
Salam pembuka sendiri dapat Anda tulis "Dengan hormat" dan tambahkan tanda koma setelahnya.
5. Pembukaan
Pada pembukaan, Anda bisa menuliskan tentang sumber informasi bagaimana Anda mendapatkan lowongan pekerjaan tersebut.
Ketika menuliskan pembukaan, Anda harus menggunakan bahasa yang sopan dan formal agar menghormati pihak yang menerima surat.
6. Isi
Dalam bagian isi, Anda dapat menuliskan tiga bagian penting saja, yaitu: 1) Identitas, 2) Maksud, dan 3) Berkas.
Pada bagian berkas, Anda bisa menambahkan CV, ijazah, sertifikat, dan lain sebagainya yang bisa Anda lampirkan di surat lamaran.
7. Penutup
Baca Juga: 3 Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris, Lengkap dengan Arti
Pada bagian penutup, Anda bisa menuliskan harapan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait proses lamaran.
Selain itu, Anda juga bisa menuliskan harapan pihak instansi untuk melakukan pertimbangan dalam menyeleksi surat lamaran.
8. Tanda Tangan
Pada bagian akhir surat, Anda bisa menuliskan tanda tangan untuk membuat surat lamaran pekerjaan lebih formal.
Itulah ulasan lengkap tentang struktur surat lamaran pekerjaan agar tidak salah saat membuat syarat bagian administratif.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.