3 Cara Cek Nomor KPJ dan Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang

13 Januari 2023 15:50 WIB
Cara cek nomor KPJ
Cara cek nomor KPJ ( Berita DIY)

Sonora.ID – Kamu bisa melakukan cek nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ) dengan mudah. Berikut ini cara cek nomor KPJ yang sama dengan nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Selama menjadi peserta BPJS, kamu akan mendapatkan kartu BPJS sebagai bukti kepesertaan BPJS dan sebagai kartu identitas peserta BPJS.

Perlu diketahui bahwa pada kartu BPJS terdapat nomor BPJS atau nomor Virtual Account dari masing-masing peserta yang digunakan untuk melakukan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya.

Nomor BPJS ini menjadi penting karena dapat digunakan untuk mengecek tagihan BPJS dan juga untuk mengetahui informasi seputar BPJS.

Ketika lupa dengan nomor tersebut peserta bisa melihat bagian depan kartu BPJS pribadi. Lantas, bagaimana jika kartu hilang atau rusak?

Baca Juga: Cara Daftar Antrean Online BPJS Ketenagakerjaan, Lengkap Syaratnya

Cara cek nomor KPJ

1. Cara cek nomor KPJ via website

  • Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id.
  • Masukkan alamat email dan password yang sudah terdaftar
  • klik "Saya bukan robot" atau recaptcha.
  • Klik login.
  • Pilih cek kartu digital.
  • Selanjutnya, akan tertera nomor BPJS Ketenagakerjaanmu.

2. Via aplikasi JMO

Jika kamu pernah mendaftar di aplikasi ini, berikut cara untuk melihat nomor KJP.

  1. Buka aplikasi JMO
  2. Klik Login
  3. Masukkan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya digunakan untuk mendaftar JMO.
  4. Setelah login berhasil, pilih menu kartu digital.
  5. Tunggu hingga muncul kartu digital peserta berupa 11 digit angka.
  6. Informasi kartu muncul beserta nomor JMO dan juga nomor referensi

3. Via call center BPJS Ketenagakerjaan

Cara mengecek nomor KPJ dapat dilakukan dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175.

Jika kamu bekerja di luar negeri, kamu bisa menghubungi via aplikasi WhatsApp di nomor 0811-9115910 dan 0855-1500910.

Baca Juga: Berikut 3 Cara Tracking Klaim BPJS Ketenagakerjaan dengan Mudah

Cara mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang

Diberitakan Kompas.com (2021), berikut cara untuk mengurus kartu BPJS Ketenagakerjaan yang hilang:

  1. Membawa dokumen yang meliputi:
  • Fotokopi KTP dan KTP asli.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  • Surat pengantar dari tempat bekerja yang isinya menerangkan jika Anda masih bekerja di perusahaan tersebut.
  • Surat keterangan dari perusahaan soal nomor kepesertaan.
  • Surat keterangan kehilangan dari kepolisian yang berisi nama perusahaan, nama kepesertaan, nomor kepesertaan, dan keterangan waktu hilangnya kartu BPJamsostek.
  1. Kunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat
  2. Menemui petugas yang bersangkutan soal penggantian kartu.

Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm