Peternak Milenial Asal Kabupaten Bandung Barat Siap Bersaing di Era 4.0

16 Januari 2023 09:35 WIB
Peternak Milenial Asal Kabupaten Bandung Barat Siap Bersaing di Era 4.0
Peternak Milenial Asal Kabupaten Bandung Barat Siap Bersaing di Era 4.0 ( Ilustrasi penyediaan rumput ternak (dok. Corcomm Bio Farma))

Bandung, Sonora.ID - Ada 3 (tiga) kelompok ternak milenial di Desa Mandalamukti Ciptagumati, dan Cipada Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mendapat binaan langsung Bio Farma dalam program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Mengusung program community development dan creating share value (CSV), Bio Farma membina 80 peternak generasi milenial yang berasal dari 3 kelompok ternak di Kabupaten Bandung Barat, melalui program Social Enterpreneruship Peternak Milenial," ucap Kepada Divisi TJSL Tjut Vina Irianti, Sabtu (14/1/2023) akhir pekan lalu.

"Selain berbagai pelatihan dalam perbaikan kualitas hewan ternak, kami juga melakukan community development agar peternak milenial binaan Bio Farma mampu bersaing di era 4.0," lanjut Tjut Vina.

Dijelaskan pula, pembinaan yang dilakukan meliputi aspek pengelolaan media sosial dan pemanfaatan E-commerce, agar para peternak milenial selain memilki kemampuan beternak juga dapat memaksimalkan penggunan digital dalam peningkatan promosi dan penjualan.

"Mereka pasti memahami digitalisasi. Kita maksimalkan itu untuk membantu meningkatkan promosi dan penjualan. Serta tentunya memberikan manfaat edukasi sehingga dapat memberikan inspirasi kepada masyarakat khususnya generasi milenial lainnya," jelas Tjut Vina.

Diketahui, CSV yang dilakukan oleh Bio Farma adalah mengintegrasikan isu dan tantangan masyarakat ke dalam suatu bentuk kegiatan atau pendampingan, kemudian penciptaan nilai ekonomi dan sosial yang berkelanjutan.

"Kami mendeteksi, permasalahan yang kerap ditemui lara peternsk ini adalah kesulitan mendapat pakan seperti rumput. Jadi mereka harus mencarinya ke luar kota. Sudah pasti ini berpengaruh terhadap biaya operasional pemeliharaan, kualitas peternakan dan kuantitas yang dihasilkan," papar Tjut Vina.

Baca Juga: Cegah Penyebaran LSD, Gubernur Jatim Minta Kepala Daerah Segera Lakukan Vaksinasi Sebagai Langkah Preventif

Sementara itu dalam siaran persnya, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan bahwa Bio Farma menggunakan skema ABCG (Academy, Business, Community, Government) untuk menciptakan sinergitas atau implementasi program yang tepat sasaran juga berkelanjutan.

“Selain melibatkan kelompok masyarakat, juga melibatkan Dinas Peternakan, Universitas Padjajaran dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sebagai mitra kerjasama startegis dalam hal pengembangan program rumput, sehingga mampu menciptakan rumput yang memiliki kandungan nutrisi tinggi bagi peternak dan mampu meningkatkan nilai ekonomi, pendidikan, lingkungan dan sosial yang lebih seimbang," kata Honesti.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
92.0 fm
98.0 fm
102.6 fm
93.3 fm
97.4 fm
98.9 fm
101.1 fm
96.7 fm
98.9 fm
98.8 fm
97.5 fm
91.3 fm
94.4 fm
102.1 fm
98.8 fm
95.9 fm
88.9 fm
97.8 fm
101.1 fm
101.8 fm
101.1 Mhz Fm
101.2 fm
101.8 fm