Sonora.ID - Berikut ini adalah paparan mengenai contoh body email lamaran kerja dan tips menulisnya.
Salah satu cara paling umum untuk melamar pekerjaan ialah dengan mengirim surat lamaran kepada HRD perusahaan tempat kita akan melamar.
Namun, di era teknologi seperti sekarang, surat lamaran tak harus dikirimkan dalam bentuk fisik ke kantor, melainkan dapat dikirim dalam bentuk email.
Selain menghemat tenaga dan waktu, pengiriman surat lamaran melalui email jauh lebih efektif dari segi waktu. Selang beberapa detik ketika email dikirim, HRD secara otomatis akan menerima surat lamaran tersebut di kotak masuk emailnya.
Sebagaimana surat lamaran kerja pada umumnya, isi email harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagaimana yang ada pada surat lamaran kerja dalam bentuk fisik.
Dalam artikel ini, Sonora hendak fokus membahas isi body email surat lamaran kerja.
Perlu diketahui, dalam surat lamaran kerja yang dikirim via email, body email umumnya berposisi sebagai surat pengantar yang berisi pernyataan tentang niat kita untuk melamar pekerjaan untuk posisi tertentu di sebuah perusahaan.
Di samping pernyataan tersebut, body email juga biasa diisi dengan ulasan singkat tentang perkenalan diri, latar belakang pendidikan, keterampilan, hingga pengalaman kerja.
Baca Juga: 15 Pekerjaan Paling Bikin Stres, Banyak yang Bunuh Diri Karena Tekanan
Untuk paham lebih jauh soal hal tersebut, berikut Sonora sajikan contoh body email lamaran kerja dan tips menulisnya.
Contoh Body Email Lamaran Kerja dan Tips Menulisnya
1. Subjek Email
Menyadari fakta bahwa rekruter atau HRD sangat mungkin menerima banyak email masuk setiap hari, kita perlu memberi subjek sesuai dengan isinya, yakni lamaran kerja, untuk memastikan bahwa HRD tak melewatkan email kita begitu saja.
Biasanya, sebuah lowongan pekerjaan telah menentukan subjek email tertentu yang tinggal diikuti oleh para pelamar.
2. Paragraf Pembuka
Secara sederhana, paragraf pembuka berisi ucapan salam dari pelamar kepada perekrut atau HRD. Untuk itu, pelamar perlu menyebutkan nama dan posisi perekrut di perusahaan yang hendak dilamar.
Isi paragraf pembuka sebagaimana di atas akan menunjukkan profesionalismemu sebagai calon karyawan yang hendak diterima di sebuah perusahaan.
Baca Juga: Cara Filter di Excel yang Berguna Untuk Mempermudah Pekerjaan
3. Paragraf Pertama
Di paragraf pertama, pelamar dapat memperkenalkan diri terlebih dahulu. Selain menuliskan nama, pelamar juga dapat memberi informasi soal di mana pelamar menemukan iklan lowongan posisi yang hendak dilamar.
Di samping itu, pelamar juga dapat menyatakan posisi yang hendak dilamar dan alasan pelamar mengapa memilih posisi tersebut.
4. Paragraf Kedua
Umumnya, paragraf kedua body email lamaran kerja diisi dengan dua hal berikut:
- Alasan pelamar melamar di perusahaan tersebut dan posisinya
- Pernyataan untuk meyakinkan HRD bahwa pelamar merupakan kandidat terbaik
Oleh sebab itu, pelamar dapat menyertakan pelbagai informasi yang mendukung kedua hal di atas, seperti pengalaman, latar belakang pendidikan, serta keterampilan yang berhubungan dengan posisi yang dilamar.
5. Paragraf Ketiga
Di paragraf ketiga, pelamar dapat mengucapkan terima kasih kepada perekrut atau HRD lantaran telah bersedia menerima dan membaca surat lamaran kerja via email dari pelamar.
Baca Juga: Cara Filter di Excel yang Berguna Untuk Mempermudah Pekerjaan
Selain itu, sebutkan pula bahwa pelamar juga telah menyantumkan CV, portofolio, dan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melamar di perusahaan tersebut.
6. Penutup
Pada bagian penutup, pelamar dapat mencantumkan tanda penghormatan dengan kata 'Best Regards," atau "Salam Hormat,", dan di bawahnya disertakan nama pelamar.
Demikian paparan mengenai contoh body email lamaran kerja dan tips menulisnya sebagaimana di atas. Semoga bermanfaat.
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News
Baca Juga: Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri yang Dikatakan Saat Interview