Sonora.ID – Berikut contoh profil perusahaan yang baik dan benar, serta cara membuatnya.
Company profile atau profil perusahaan merupakan aspek penting yang perlu dimiliki setiap perusahaan.
Profil perusahaan mengandung visi, misi, sejarah perusahaan, dan kenapa perusahaan menciptakan suatu produk.
Tujuan profil perusahaan bisa beragam, mulai dari perkenalan bisnis baru, promosi produk, atau pembaruan branding.
Ibarat anggota tubuh, profil perusahaan adalah wajah dari bisnis yang kamu dirikan.
Baca Juga: 5 Contoh SOP Perusahaan, Lengkap dengan Cara Mudah Membuatnya
Semakin bagus profil perusahaan, maka semakin banyak orang tertarik dengan perusahaan tersebut.
Oleh karena itu, sebelum memperkenalkan bisnismu kepada pembeli, mitra, atau investor, penting bagi seorang pengusaha mempelajari contoh profil perusahaan yang baik dan benar.
Berikut beberapa contoh profil perusahaan, serta struktur dan cara membuatnya.
Struktur Profil Perusahaan
Untuk membuat profil perusahaan yang baik, ada beberapa poin penting yang perlu kamu masukkan. Poin-poin berikut digunakan dalam membuat contoh profil perusahaan, yaitu:
Cara Membuat Profil Perusahaan
Lengkapi Isi Profil Perusahaan Terlebih Dulu
Cara membuat company profile yang pertama adalah dengan melengkapi profil perusahaan terlebih dulu.
Sebelum eksekusi, pastikan isi profil perusahaannya lengkap, mulai dari nama brand perusahaan, visi misi, sejarah, budaya kerja, dan hal-hal lain yang ingin dimasukkan.
Baca Juga: Catat! 6 Tips Jitu Lolos Wawancara Kerja Pertama Kali, 99% Keterima!
Tentukan Tujuan Pembuatan Company Profile
Dari contoh-contoh profil perusahaan yang sudah disebutkan di atas, kamu mungkin paham kalau sebagian besar company profile tersebut punya tujuan berbeda.
Misalnya Kopi Janji Jiwa:Trip To Origin bertujuan menceritakan perjalanan founder-nya sampai bisa mendirikan Janji Jiwa.
Sedangkan Nakama Story menceritakan budaya kerja dan mindset tim Tokopedia.
Jadi sebelum membuat profil perusahaan, pastikan kamu sudah tahu lebih dulu apa tujuan pembuatannya. Untuk branding, kah? Menarik minat calon pekerja? Atau apa?
Pilih Format Profil Perusahaan Paling Sesuai
Setelah isi profil perusahaan dan tujuan pembuatannya lengkap, kamu bisa mulai menentukan format company profile yang ingin dibuat.
Kalau kamu ingin menyebarkan proposal pendanaan ke calon investor, company profile cetak dan PPT adalah yang terbaik.
Akan tetapi jika kamu ingin menampilkan company profile ke banyak orang sekaligus, sebaiknya membuat profil perusahaan berformat video/website/360 virtual tour.
Pakai Teknik Storytelling
Mayoritas perusahaan dan start-up besar menggunakan teknik storytelling dalam company profile untuk membuat informasi di dalamnya lebih mudah dipahami.
Menggunakan teknik bahasa storytelling adalah salah satu cara membuat company profile paling mudah dan efektif. Saat membuatnya, kamu bisa lebih bebas karena tidak harus pakai kata-kata formal dan kaku.
Baca Juga: 3 Contoh Surat Referensi Kerja yang Profesioan dan Menunjang Karier!
Contoh Profil Perusahaan Website TikTok
Contoh Company Profile Website Traveloka
Contoh Profil Perusahaan Website Gojek
Contoh Company Profile Video Tokopedia
Contoh Profil Perusahaan Video Starbucks
Contoh Profil Perusahaan Video Kompas Gramedia
Baca berita update lainnya dari Sonora.id di Google News.
Baca Juga: 4 Contoh Surat Tugas Resmi untuk Berbagai Jenis Keperluan, Lengkap!